Laba Samsung Naik, Bursa Asia Dibuka Bervariasi

Seorang warga melihat papan bursa saham di Jepang
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id – Bursa saham Asia dibuka bervariasi pada perdagangan Selasa pagi, dipicu optimistis laba kuartal keempat Samsung dan bursa Wall Street yang ditutup turun setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan AS mundur dari kesepakatan perdagangan Trans-Pacific Partnership.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Dilansir dari CNBC, Selasa 24 Januari 2017, indeks saham Kospi, Korea Selatan naik 0,22 persen.

Sebelum pasar dibuka, Samsung Electronics mengatakan laba operasional kuartal keempat naik 50 persen menjadi US$7,93 miliar, dan juga mengumumkan rencana pembelian kembali saham senilai 9,3 triliun won tahun ini.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Saham LG Display naik 1,38 persen, setelah mengatakan Selasa pagi bahwa 2016 laba usaha turun 19 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara indeks Nikkei 225, Jepang turun 0,2 persen pada awal perdagangan, memperluas penurunan sesi sebelumnya lebih dari satu persen.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Dari Australia, indeks saham ASX 200 naik 0,4 persen pada awal perdagangan, kemungkinan didukung oleh kekuatan dolar Australia.

Menarik diri dari perjanjian TPP adalah janji Trump saat kampanye presiden, mengatakan akan melindungi pekerja Amerika. 

Kesepakatan perdagangan 12 negara dinegosiasikan oleh pemerintahan mantan Presiden Barack Obama sebagai pilar utama dalam poros nya ke Asia.

"Investor gugup karena kebijakan proteksionisme Trump dan harapan mereka adalah bahwa kebijakan pemotongan pajak mungkin bisa menyelamatkan mereka," kata Naeem Aslam, Kepala Analis Pasar di ThinkMarkets, dalam sebuah catatan pada hari Selasa.

Dinihari tadi Dow Jones Industrial Average tergelincir 0,14 persen menjadi 19.799,85, sementara S & P 500 turun 0,27 persen pada 2.265,2 dan Nasdaq ditutup turun 0,04 persen ke level 5.552,94.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya