Kemenangan Trump Giring Pasar Keuangan Menuju Ketidakpastian

Presiden AS, Donald Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVA.co.id – Usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump resmi menarik mundur negaranya dari perjanjian perdagangan Trans-Pacific Partnership/TPP, beberapa negara mengalami kekhawatiran karena hal itu menunjukkan awal realisasi proteksionisme AS. 

Kecewa Trump, Matt Damon Dikabarkan Pindah ke Australia

Aberdeen Asset Management Investment Director Indonesia, Bharat Joshi, mengatakan kemenangan Trump telah menggiring pasar keuangan menuju ketidakpastian baru. 

"Pasar modal dan dolar AS melonjak atas ekspektasi stimulus fiskal dan kenaikan suku bunga AS, faktor yang menghambat kemajuan Asia dan pasar berkembang lainnya," kata Bharat di kantor Aberdeen di Jakarta pada Selasa, 24 Januari 2017.

Trump Larang Penggunaan Peranti Senjata Api

Namun, ia mengatakan bahwa keputusan tersebut tidak sepenuhnya buruk. Pasalnya, di sisi lain dapat memberikan kesempatan bagi China untuk memainkan peran sebagai trade leader di pasar perdagangan bebas. 

"Karena ini akan memberi kesempatan China kembali ke meja diskusi perjanjian dagang internasional," katanya. 

Bintang Porno AS Ungkap Hubungannya dengan Trump

China dipandang potensial karena pada 2016 jumlah produk domestik bruto (PDB) Negara Tirai Bambu ini menempati posisi terbesar kedua dunia, yaitu sebesar US$11,391 triliun, setelah AS yang sebesar US$18,561 triliun. Sementara, produk domestik bruto dunia sebesar US$69,659 triliun. (one)

Robert Mueller

Berani Tekan Donald Trump, Mueller Sosok yang Disegani

Mueller bahkan mengancam menggugat Trump agar bisa diperiksa langsung.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2018