Nilai Penjualan Listrik PLN Naik Selama 2016

Transmisi listrik PLN.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat menggelar rapat dengar pendapat dengan PT Perusahaan Listrik Negara, dengan agenda kinerja keuangan perseroan, serta progres pembangunan mega proyek 35 ribu megawatt. 

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Sepanjang tahun lalu, Badan Usaha Milik Negara sektor kelistrikan tersebut berhasil meraup pendapatan usaha - unaudited - sebesar Rp222,65 triliun. Laba ini lebih tinggi Rp5 triliun, dari pendapatan yang diraih pada 2015, yang hanya mencapai Rp217,35 triliun.

"Tetapi, laba bersih PLN tahun lalu Rp10,765 triliun. Di 2015, PLN mencatatkan laba bersih Rp15,585 triliun," kata Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, dan Kawasan Kementerian BUMN Edwin Hidayat di gedung parlemen, Jakarta, Selasa 24 Januari 2017.

Jadi Top 5 Perusahaan TIC di Asia Pasifik, IDSurvey Tetapkan Visi Top 20 Global

Edwin menjelaskan, menurunnya laba bersih PLN disebabkan dari selisih harga jual kelompok pelanggan yang tidak lagi dijadikan penghitungan pendapatan perusahaan. Salah satunya, dari pencabutan subsidi dari golongan mampu 900 volt ampere yang diputuskan pemerintah.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir menyatakan, kinerja operasional perseroan sepanjang 2016, berhasil mencatatkan kinerja positif. Misalnya, dari total volume penjualan listrik sepanjang tahun lalu, yang lebih tinggi dibandingkan 2015.

Kementerian Ajak Pegawai BUMN 'Curhat' Demi Jaga Kesehatan Mental

"Nilai penjualan listrik selama 2016, sebesar 6,5 persen, atau naik dari 2,1 persen di 2015," katanya.

Di samping itu, komitmen untuk meningkatkan rasio kelistrikan di berbagai daerah pun semakin membaik. Sofyan menyebut, defisit sistem kelistrikan di beberapa daerah pun sepanjang tahun lalu telah diperbaiki oleh perusahaan pelat merah tersebut.

"11 sistem kelistrikan defisit, tahun lalu tercatat seluruh sistem tidak lagi defisit," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya