7 Hal Tak Boleh Terlewatkan Jika Berencana Menabung

Ilustrasi Menabung.
Sumber :

VIVA.co.id – Menabung masih dipercaya sebagai salah satu jenis investasi yang paling aman. Menabung juga dapat menghindarkan kita dari sifat boros yang berlebihan.

Datangi Bank Sampah di Jakbar, Erick Thohir Nabung Kardus Bekas

Menabung juga membuat keadaan keuangan kita lebih stabil dari sebelumnya. Itulah sebabnya sebagian besar orang yang sukses dan kaya raya selalu menghargai uang yang mereka miliki dengan berinvestasi dan menabung.

Memiliki rencana untuk menabung adalah langkah yang tepat untuk anda menyiapkan keuangan yang lebih baik di masa depan. Merencanakan tabungan tentu harus mempersiapkan keuangan yang stabil, seperti adanya pendapatan rutin setiap bulan.

4 Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan yang Stabil Secara Finansial

Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang jangan sampai dilewatkan, jika ingin mulai menabung. Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilewatkan saat berencana menabung:

1.    Membeli sebelum butuh

Ajari Anak Melek Keuangan Lewat Kebiasaan Menabung

Prinsip membeli sebelum butuh tentunya akan bermanfaat untuk kita. Karena untuk beberapa hal, jika dimiliki saat ini dengan mudah, belum tentu dapat dimiliki dengan mudah juga di masa depan.

Anda lakukan pembelian terhadap hal yang dibutuhkan. Tanyakan kepada diri sendiri, apa yang mungkin keluarga anda butuhkan selama beberapa bulan ke depan. Jangan melakukan pembelian secara mendadak.

2.    Menggunakan listrik seperlunya

Penggunaan listrik juga harus dilakukan sehemat mungkin. Efeknya akan berpengaruh tidak saja pada pemakaian di rumah, namun untuk seluruh dunia. Penggunaan listrik yang sesuai ketentuan akan cukup membuat pengeluaran kita lebih hemat. Jika tidak terlalu suka menonton TV, sebaiknya hanya dinyalakan pada jam-jam tertentu saja. Dengan berhemat kita sudah mulai bisa menabung.

3.    Setop mentraktir teman 

Sudah menjadi kebiasaan jika kita mendapat sebuah prestasi atau penghargaan, kita wajib mentraktir teman-teman. Hal ini memang baik untuk semakin mempererat hubungan pertemanan kita. Namun jika sudah berencana menabung, mau tidak mau, kegiatan traktir seperti ini harus dikurangi. 

4.    Berbelanja dalam jumlah besar

Untuk bisa menabung, kita juga bisa berhemat dengan berbelanja dalam jumlah besar. Berbelanja produk diskon atau membeli secara grosir. Sebaiknya membeli barang yang memang akan digunakan dan dibutuhkan oleh anggota keluarga. 

5.    Memanfaatkan transportasi umum

Jika terbiasa menggunakan kendaraan pribadi, bisa melakukan penghematan dengan tidak menggunakan kendaraan tersebut terlebih dulu. Saat ini, ketika menggunakan kendaraan untuk pergi ke mal atau ke tempat umum lainya, biaya parkir dikenakan tarif perjam. Ini tentunya akan semakin menambah budget transportasi. Sebaiknya gunakan alternatif lain yang lebih sehat seperti jalan kaki atau bersepeda.

6.    Pelajari kemampuan menyimpan uang yang baik

Bisa dibayangkan jika setiap orang mampu belajar untuk menyimpan uang dengan baik, sudah berapa banyak tabungan yang berhasil mereka kumpulkan? Jika ingin bisa menyimpan uang dengan baik, tentunya kita harus bisa hidup hemat.

Untuk menjalankan hidup yang hemat sepertinya kita harus bisa mencari alternatifnya. Misalnya kita terbiasa boros dengan membeli makanan di luar rumah, untuk berhemat mengapa tidak kita belajar memasak dan membuat makanan sendiri. Selain lebih hemat, kita mungkin bisa memiliki hobi baru yaitu memasak. Berhemat sebenarnya menambah keterampilan anda.

  1. Selalu simpan kelebihan uang

Berencana untuk menabung sebaiknya mulai dengan selalu menyimpan kelebihan uang yang ada. Uang akan bersisa jika kita telah melakukan penghematan dalam pengeluaran kita. Semuanya berkaitan dengan tujuan tabungan yang bisa dimiliki akan lebih maksimal nantinya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya