Dampak Perbaikan Cisomang, Dua Pintu Tol Baru Dibangun

DAMPAK PERBAIKAN JEMBATAN CISOMANG
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus menggenjot perbaikan Jembatan Cisomang, yang berada di KM 100 +695 Tol Purbaleunyi, Jawa Barat. Jembatan yang pilarnya sempat bergeser karena pergerakan tanah itu, proses perbaikannnya direncanakan akan rampung sekitar bulan Maret 2017 mendatang.

Perbaikan Jembatan Cisomang Telan Dana Rp135 Miliar

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, kembali meninjau lokasi perbaikan Jembatan. Ia mengatakan, fokus perbaikan pada Jembatan Cisomang ini adalah untuk menghentikan pergerakan tanah.

"Pekerjaan kami sudah sesuai rencana. Ditargetkan 31 Maret perbaikan sudah selesai. Berdasarkan hasil analisis, pergerakan tanah ini bisa ditahan menjadi hanya 1-2 milimeter, terhitung sejak awal perbaikan,” kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 25 Januari 2017.

Batas Beban Kendaraan yang Boleh Lewat Jembatan Cisomang

Basuki menambahkan, guna mengurangi kepadatan di ruas jalan arteri Purwakarta-Padalarang, pihaknya telah menugaskan PT Jasa Marga untuk membangun pintu tol baru di KM 99 arah Bandung, dan KM 107 arah Jakarta, yang dibuka selama masa perbaikan Jembatan Cisomang.

“Ditargetkan akan selesai pada akhir Februari, dan diharapkan akan memperlancar arus logistik yang melintasi kawasan tersebut,” ujarnya.

Mulai 1 April Semua Kendaraan Bisa Lewat Jembatan Cisomang

Sebelumnya, kendaraan beban berat seperti truk dan bus yang menuju ke Bandung sudah dialihkan untuk keluar di Jatiluhur KM 84+600, dan masuk kembali di Padalarang KM 121+400. Dengan dibangunnya pintu keluar baru ini, maka akan memangkas jarak yang harus ditempuh kendaraan di jalan arteri dari semula sekitar 37 kilometer menjadi sekitar delapan kilometer. (ase)

Perbaikan jembatan Cisomang

Mulai Hari Ini, Cisomang Bisa Dilalui Semua Kendaraan

Kecuali kendaraan kelebihan beban.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2017