Jelang Debat Cagub DKI, Rupiah Berpeluang Terkoreksi

Rupiah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Perdagangan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat saat ini mulai melemah merespons sentimen dolar yang mulai tertahan pelemahannya. Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah saat ini berada di posisi Rp13.359.

Loyo, Rupiah Dibuka Melemah Jelang Libur Lebaran Idul Fitri

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, saat ini pelaku pasar tengah tertuju pada debat calon Gubernur DKI Jakarta II nanti malam sehingga rupiah berpeluang terkoreksi hingga penutupan nanti sore.

"Dinamika politik domestik yang disertai kekhawatiran isu keamanan menjadi salah satu pengurang daya tarik aset rupiah,"  kata Rangga di Jakarta, Jumat, 27 Januari 2017.

Rupiah Melemah jadi Rp15.906, Dipicu Solidnya Ekonomi AS

Ia menjelaskan, sentimen pelemahan rupiah juga merespons dolar indeks yang mulai stabil akibat Presiden AS Donald Trump yang berfokus pada kebijakan proteksinya.

Seperti diketahui, setelah resmi keluar dari Trans Pasific Partnership (TPP) dan berencana membangun tembok perbatasan dengan Meksiko, Trump juga melarang kunjungan warga dari tujuh negara muslim ke AS. 

Tahapan Pilkada Jakarta 2024: Pendaftaran Paslon Dibuka 27 Agustus

"Dolar indeks secara umum turut merespons kebijakan tersebut walaupun akhirnya naik tipis merespons Services PMI AS yang diumumkan naik semalam," kata Rangga.

Meskipun demikian, lanjutnya, fokus perlahan akan beralih ke rapat The Fed di tengah minggu depan. Dimana Fed Fund Rate atau suku bunga acuan AS diperkirakan  belum akan naik. "Tetapi penting ditunggu respon Yellen terhadap perkembangan kebijakan Trump," katanya.
 

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya Golkar dan juga partai Gerinda sepakat rekomendasikan nama Ridwan Kamil Sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta.

Golkar dan Gerindra Sepakat Rekomendasikan Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI

Golkar dan Gerinda sepakat rekomendasikan nama Ridwan Kamil Sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024