Libur Imlek, Sebelas Kereta Api Tambahan Dioperasikan

Calon penumpang kereta api di Stasiun Kereta Api Kota Malang, Jawa Timur, 29 Juni 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/D.A. Pitaloka

VIVA.co.id – Mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi Kereta Api jelang libur Imlek yang jatuh pada Sabtu, 28 Januari 2017, PT Kereta Api Indonesia  Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan sebelas KA tambahan. 

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

Senior Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto, mengungkapkan KA tambahan tersebut terdiri dari sembilan KA kelas eksekutif yang berangkat dari stasiun Gambir, dan dua KA kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasar senen. 

Menurutnya, kereta tersebut akan dioperasikan mulai 27-30 Januari 2017. Ke-11 KA tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain; Malang, Yogya (1 KA), Solo (2 KA) Surabaya (3 KA), dan Bandung (4 KA).

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Catat Tanggalnya

"Minat masyarakat yang tinggi akan menggunakan moda transportasi KA ini terlihat dari mulai terjual habisnya tiket KA di tanggal-tanggal favorit yakni 27 dan 30 Januari. Berdasarkan data penjualan tiket sampai pukul 18.00, KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan," kata Suprapto dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat, 27 Januari 2017.

Adapun KA keberangkatan dari stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100 persen untuk keberangkatan Jumat, 27 Januari 2017, yaitu KA Argo Anggrek Pagi dan Malam tujuan Surabaya Pasarturi.

KAI Obral Harga Tiket Kereta Api Mulai Rp 150.000, Catat Rute Tujuannya

Kemudian, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Pagi dan Malam tujuan Yogya, serta KA Purwojaya tujuan Cilacap.

Sedangkan, untuk KA keberangkatan Sabtu, 28 Januari 2017, KA jarak jauh seperti Argo Dwipangga jurusan Solo, Argo Muria jurusan Semarang Tawang, dan Taksaka pagi jurusan Yogya, serta KA jarak pendek seperti KA Argo Parahyangan keberangkatan pukul 05.00 WIB, 08.30 WIB dan 10.15 WIB jurusan Bandung, juga sudah habis terjual dan mencapai okupansi 100 persen. 

Sementara, untuk KA keberangkatan Stasiun Pasar Senen, untuk KA Keberangkatan hari Jumat (27/1) semua KA sudah mencapai 100 persen. Sedangkan KA untuk keberangkatan Sabtu (28/1) untuk KA Fajar Yogya dan KA Gajahwong jurusan Yogyakarta, KA Sawunggalih Pagi dan KA Kutojaya jurusan Kutoarjo, KA Matarmaja, KA Brantas, KA Kertajaya, KA Bengawan, KA Serayu Pagi dan KA Tegal Ekspres sudah habis terjual.

"Data sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik, dikarenakan Online tikecting," kata Suprapto. Ia menyarankan, pengguna jasa KA bisa melihat langsung melalui website tiket.kereta-api.co.id atau melalui chanel-chanel eksternal. 

"Untuk kenyaman pengguna jasa KA, agar menghindari membeli tiket dari penawaran jasa perorangan yang akan merugikan konsumen, pastikan reservasi melalui agen atau chanel-chanel resmi yang bekerjasama dengan PT.KAI," tuturnya. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya