Penjualan Rumah Tapak Nyaris Tembus 200 Persen

Seorang wanita di suatu pameran properti di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – 2017, merupakan tahun yang penuh pengharapan bagi sektor properti. Bukan asal berharap, tren rebound, pembalikan arah positif ini sudah mulai terlihat jelang akhir 2016.

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

Dalam data yang diolah Business Intelligent Rumah123, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin 30 Februari 2017, terlihat, kenaikan nilai penjualan yang mencengangkan terjadi pada unit landed house, atau rumah tapak. Kenaikannya nyaris menyentuh 200 persen, tepatnya 192 persen.

Namun, pertumbuhan minat konsumen terhadap rumah jangkung, atau apartemen juga tak kalah pesat. Penjualan apartemen tumbuh mencapai 178 persen.

Menerawang Efektivitas Perpanjangan Insentif PPN DTP Sektor Perumahan

Tak hanya penjualan, Rumah123 juga mencatatkan pertumbuhan proyek. Banyak pengembang, atau developer besar melanjutkan yang sempat tertunda, atau bahkan membangun proyek-proyek baru.

Consumer Choice Awards 2017

Dijual hingga Rp15 Miliaran, 486 Unit di Cluster Ini Laku dalam 2 Hari

Sementara itu, menyambut 2017, yang diyakini akan begitu bergairah bagi industri properti Indonesia, Rumah123.com kembali menggelar acara penganugerahan bagi pihak-pihak yang bergerak di bidang ini. Adalah Consumer Choice Awards 2017, yang kali ini juga menggandeng pihak-pihak dengan kredibilitas tinggi, yakni MARS, Majalah SWA, dan Kompas.com.

Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung mengungkapkan, di tahun kedua penyelenggaraannya, acara yang juga dikenal dengan nama CCA itu menghadirkan deretan pemenang dari metode berbeda ketimbang periode sebelumnya.

Pada acara sebelumnya, CCA menerapkan metode survei dan penilaian dari para juri di berbagai bidang, mulai dari branding, social media expert, public figure sebagai konsumen, dan arsitek ternama.

“Pada tahun ini, CCA menggunakan metode digital consumer behavior, sehingga bisa lebih valid karena tidak terpengaruh marketing campaign yang dilakukan developer-developer besar yang sudah menjadi top of mind masyarakat Indonesia,” ujar Untung.

Awards ini pun mengemban harapan akan bisa membantu konsumen untuk mengetahui proyek-proyek mana saja yang menjadi referensi dalam pencarian rumah impian. Sementara itu, bagi developer, mereka bisa memahami proyek seperti apa yang banyak diminati konsumen.

Alhasil, developer akan membangun lebih banyak proyek yang sesuai dengan keinginan konsumennya. Konsumen pun akan lebih tenang, lantaran disajikan proyek-proyek yang tak hanya berbentuk hunian, tetapi juga menawarkan kenyamanan seutuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya