Kementan Bangun Lumbung Pangan di Daerah Perbatasan

Pedagang Beras
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Kementerian Pertanian mulai membangun lumbung-lumbung pangan di daerah perbatasan, yaitu di Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Merauke.

Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, Indonesia selama ini kalah dengan Singapura. Negeri Singa itu, ia katakan, tidak memiliki sawah, tetapi mampu memenuhi semua kebutuhan berasnya. Bahkan beras Singapura diselundupkan ke masuk ke Indonesia.

"Kami 71 tahun di Kepri (Kepulauan Riau) tidak ada padi di perbatasan sana. Singapura tidak ada sawah, tapi selundupannya masuk ke Kepri. Kami cek di perbatasan ada jalan tikus," ujar Amran di kantor Kementan, Jakarta, Kamis, 2 Februari 2017.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Amran pun meminta agar jalan tersebut dibuka lebar-lebar. Dia juga meminta dibangun lumbung padi di Kepri. "Kalau kita bangun lumbung pangan di perbatasan, ekspor tinggal lempar," katanya.

Manurutnya, apabila Indonesia membangun lumbung pangan di perbatasan, maka Indonesia dapat meningkatkan ketersediaan dan ekspor pangan. Dengan demikian, secara bertahap angan-angan pemerintah untuk Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada 2045 dapat tercapai.

Blusukan ke Riau, Satgas Pangan Polri Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

"Rumusnya sederhana, tapi tidak dilakukan. Kita tanam sambil ekspor. Tanam di perbatasan bisa ekspor tiap detik (sewaktu-waktu), tinggal lempar," ujarnya menambahkan.

Lalu, ia menyebutkan sejumlah tempat yang akan dibangun lumbung pangan, yakni di Kepulauan Riau bisa untuk suplai ekspor ke Singapura. Kemudian di Entikong, Kalimantan Barat untuk mengekspor ke  Malaysia, di Nusa Tenggara Timur untuk suplai ke Timor Timur, dan Merauke untuk mengeskpor ke Fiji.

"Pasar di Indonesia kita kasih harga murah, untuk ekspor ke luar kita bisa tingkatkan harganya."

Rencana pengadaan lumbung pangan di perbatasan ini, dimaksudkan untuk memastikan ketersediaan beberapa komoditas strategis, yang berpotensi ekspor atau yang selama ini Indonesia masih impor, yaitu bawang, jagung, dan beras. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya