Sanksi AS Terhadap Iran Bikin Harga Minyak Dunia Naik 

Rig Minyak.
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id – Harga minyak mentah dunia naik pada perdagangan hari ini, Senin 6 Februari 2017. Minyak naik disebabkan kekhawatiran sanksi Amerika Serikat terhadap Iran, dapat memengaruhi pasokan minyak dunia. 

Harga Minyak Dunia Sempat Tembus Rekor US$130 per Barel

Dilansir CNBC, harga minyak mentah Brent di bursa berjangka, naik lima sen dari perdagangan sebelumnya menjadi US$56,86 per barel. Sedangkan harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate, juga naik lima sen di US$53,88 per barel. 

AS menjatuhkan sanksi kepada Iran, setelah Teheran melakukan uji coba rudal balistik. Pemerintahan Presiden AS, Donald Trump, memberikan sanksi kepada individu-individu dan entitas yang terkait dengan Garda Revolusi Iran.

Harga Minyak WTI Tembus US$116,5 per Barel, Level Tertinggi Sejak 2008

Para pedagang menyatakan, ketegangan antara Iran dan AS, bisa berdampak pada ekspor minyak Iran. "Langkah yang dilakukan AS untuk memberikan sanksi, karena uji coba rudal balistik dapat meningkatkan risiko ketegangan lebih lanjut mengganggu pasokan," kata bank ANZ. 

Tetapi, potensi gangguan pasokan minyak dunia tersebut dapat dihambat oleh meningkatnya aktivitas produksi minyak AS. ANZ menyatakan, perusahaan-perusahaan minyak AS menambah jumlah rig minyak, minggu lalu. 

Rusia Serang Ukraina, Harga Minyak Dunia Tembus US$100 per Barel

Jumlah rig minyak di AS, bertambah 17 rig pada minggu lalu hingga 3 Februari, menjadi total 583 rig. Ini merupakan jumlah rig terbanyak sejak Oktober 2015. (asp)

Ladang minyak/Ilustrasi.

Harga Minyak Jatuh Dipicu Harapan Kemajuan Negosiasi Rusia-Ukraina

Harga minyak jatuh lebih dari lima persen ke level terendah dalam hampir dua minggu pada akhir perdagangan Senin.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022