Ketika Menteri Susi Adu Akting dengan Menhub

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, berakting mengurus AOC
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Peristiwa unik terjadi di dalam gedung operasional Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) di kompleks Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, yang baru saja diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini, Senin 6 Februari 2017. 

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, yang hadir dalam peresmian itu berakting seolah-olah menjadi seorang direksi dari perusahaan maskapai penerbangan. Sejatinya, Susi memang merupakan pemilik maskapai penerbangan swasta, yakni Susi Air. 

Menteri Susi, kemudian masuk ke ruangan yang luasnya kurang lebih sekitar 30 meter persegi, dan disambut oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Susi masuk membawa seberkas dokumen untuk diserahkan dalam pengurusan sertifikat operasi penerbangan.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

"Saya mau urus AOC (air operator certificate atau sertifikat operasi maskapai)," kata Susi sambil memperagakan dirinya sebagai pihak maskapai yang ingin memperoleh AOC di kantor DKPPU. 

Sementara  itu, Menhub Budi berlagak sebagai petugas dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Budi pun menyambut Susi dengan senyum.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

"Iya bu, mau ngurus ya, apakah ada keluhan selama ini," kata Budi.

Susi pun menjawab dengan nada bercanda. "Saya mengurusnya lama, biasanya dua hari, maunya setengah hari saja," kata Susi.

Gayung bersambut, Budi pun merespons dengan memberikan perintah kepada Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Suprasetyo untuk mampu mengurus izin dengan lebih cepat. "Oh masih lama, dengar itu, Pak Dirjen," kata Budi.

"Iya pak, nanti dibikin cepat pak," kata Suprasetyo menimpali omongan menhub.

Pembangunan gedung DKPPU dibangun di atas lahan seluas 4.000 m2 dengan luas bangunan 950 m2. Nantinya, gedung ini akan melayani pengurusan izin di sektor penerbangan. 

Sebelumnya, direktorat ini berlokasi di kantor pusat Kemenhub di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya