Industri Makanan dan Minuman Bantu Tekan Gini Ratio

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Subsektor Industri makanan dan minuman dalam negeri berpotensi menstimulasi peningkatan pemerataan kesejahteraan di masyarakat, serta mengurangi ketimpangan pendapatan, atau gini ratio di dalam negeri. 

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, industri makanan dan minuman (mamin) sejauh ini memiliki rantai pasok (supply chain) yang sudah efektif, serta efisien, mulai dari pengadaan bahan baku, tahap produksi, hingga produk sampai ke tangan konsumen. 

"Sektor ini adalah sektor yang punya daya saing kuat, dan bagusnya industri ini player-nya (pelaku usahanya) beragam, sehingga tidak ada satu yang mendominasi. IKM mamin di daerah pun hidup," ujar Airlangga di Kementerian Perindustrian Jakarta pada Selasa 7 Februari 2017.

Airlangga Respons Gugatan PDIP di PTUN: Keputusan MK Sudah Final

Potensi pemerataan juga dilihat karena kontribusi industri ini terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 56,5 persen dengan pertumbuhan industri mamin selama 2016 sebesar 8,4 persen. 

"Dengan demikian, Kemenperin akan terus dorong sektor industri ini dari hulu ke hilir. Jika proses rantai pasok produksi mamin ini terkendali, harga produk mamin akan stabil dan inflasi dari produk mamin juga akan terkendali," ungkapnya. (asp)

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi
Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Golkar cenderung mendorong Ridwan Kamil (RK) maju di Pilkada Jawa Barat ketimbang DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024