Ini Fungsi Kulit Jeruk untuk Keperluan Rumah

Ilustrasi kulit jeruk
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA.co.id – Apakah Anda suka dengan buah yang memiliki rasa asam dan manis ini? Jeruk merupakan buah yang banyak disukai orang. Saat memakan jeruk di rumah, apakah Anda langsung membuang kulit setelah mengupasnya? Lebih baik Anda mengurungkan niat itu, sebab kulit jeruk miliki berbagai macam kegunaan yang dapat diterapkan menjaga keharuman rumah.

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

Dilansir dari Rumahku.com, Rabu 8 Februari 2017, dengan menggunakan sisa kulit jeruk ini, Anda bisa mengharumkan ruangan, bahkan bagian-bagian tertentu, agar bisa menghindari bau yang kurang sedap. Penasaran seperti apa cara pengaplikasiannya? Berikut, berbagai macam cara untuk menggunakan kulit jeruk sebagai pengharum ruangan.

1. Pewangi

Menerawang Efektivitas Perpanjangan Insentif PPN DTP Sektor Perumahan

Untuk membuat kulit jeruk menjadi pewangi, Anda bisa memasukkan kulit jeruk ke panci yang berisi air, masak air dengan api kecil dan biarkan hingga mendidih. Nantinya, kulit jeruk akan mengeluarkan minyak yang berguna untuk mengharumkan ruangan. Anda bisa menambahkan sebatang kayu manis, serta kemangi, agar wanginya dapat terasa.

2. Pembersih buatan

Dijual hingga Rp15 Miliaran, 486 Unit di Cluster Ini Laku dalam 2 Hari

Kulit jeruk juga dapat menjadi bahan pembersih yang alami dan baik. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu merendam kulit jeruk ke air cuka dan biarkan selama seminggu. Campurkan air dengan pembersih rumah. Wangi alami yang dikeluarkan oleh kulit jeruk ini akan mengharumkan dan membuat pembersihan rumah menjadi lebih efektif.

3. Menghilangkan bau di kulkas

Berbagai macam makanan, atau bahan makanan yang akan kita masak selalu disimpan ke dalam kulkas, hal ini membuat kulkas mempunyai bau yang beranekaragam. Agar bisa menetralisir wangi yang tidak menyenangkan dari kulkas, Anda bisa menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk memang akan menjadi cara yang ampuh. Anda bisa meletakkan kulit jeruk di mangkuk dan masukkan ke kulkas.

4. Pembersih talenan

Papan kayu atau talenan yang digunakan untuk memotong sayuran juga bisa menjadi sarang dari kuman dan bakteri jahat. Sebab itu, Anda harus membersihkan talenan dengan menggunakan cara yang benar-benar ampuh agar kuman di talenan hilang. Untuk pembersihan, gunakan kulit jeruk. Gosok kulit jeruk di bagian talenan, setelah itu bilas di tempat panas. Kulit jeruk akan berguna untuk menghilangkan bakteri. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya