Harga Minyak Dunia Terus Merosot

Rig Minyak.
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id – Harga minyak dunia terus merosot setelah industri melaporkan kenaikan stok minyak mentah Amerika Serikat pada perdagangan Selasa 7 Februari 2017. Pasokan minyak AS telah bertambah lima kali lipat dari perkiraan para analis. 

Harga Minyak Dunia Sempat Tembus Rekor US$130 per Barel

Dilansir CNBC, Rabu 8 Februari 2017, harga minyak mentah AS turun 84 sen atau 1,6 persen diperdagangkan di US$51,72 per barel. Sedangkan harga minyak mentah Brent turun US$1,03 atau 1,9 persen menjadi US$54,69 per barel. 

Stok minyak mentah AS dilaporkan naik 14,2 juta barel pada minggu lalu, menurut American Petroleum Institute. Jumlah itu lebih tinggi lima kali dari proyeksi para analis, yang memperkirakan kenaikan hanya 2,5 juta barel. 

Harga Minyak WTI Tembus US$116,5 per Barel, Level Tertinggi Sejak 2008

Sementara stok bensin AS juga naik 2,9 juta barel, lebih tinggi dibandingkan ekspektasi analis yang memproyeksikan kenaikan hanya 1,1 juta barel. Hal ini menyebabkan harga bensin AS anjlok 2,3 persen. 

Harga minyak di bursa berjangka komoditas dunia menghadapi tekanan, karena merosotnya permintaan, dan meningkatnya produksi lapangan minyak AS. Kedua faktor tersebut menghambat upaya OPEC untuk mengurangi pasokan minyak dunia yang melimpah. 

Rusia Serang Ukraina, Harga Minyak Dunia Tembus US$100 per Barel

OPEC dan negara-negara eksportir minyak lainnya telah sepakat untuk memangkas produksi minyaknya sebesar 1,8 juta barel per hari hingga pertengahan 2017. OPEC dan Rusia sejauh ini sudah mengurangi produksi 1,1 juta barel per hari. 

Ladang minyak/Ilustrasi.

Harga Minyak Jatuh Dipicu Harapan Kemajuan Negosiasi Rusia-Ukraina

Harga minyak jatuh lebih dari lima persen ke level terendah dalam hampir dua minggu pada akhir perdagangan Senin.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022