Stok Bensin Turun, Harga Minyak Mentah Dunia Naik

Rig Minyak.
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id – Harga minyak dunia berbalik naik setelah laporan menunjukkan cadangan minyak mentah AS tidak sebanyak seperti yang ditakutkan. Stok bensin AS pun dilaporkan mengalami penurunan.

Harga Minyak Dunia Sempat Tembus Rekor US$130 per Barel

Dilansir CNBC, Kamis 9 Februari 2017, harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate, diperdagangkan naik 17 sen di US$52,34 per barel. Harga minyak mentah Brent naik delapan sen di US$55,13 per barel. 

Sedangkan harga bensin di bursa berjangka melonjak 4,2 persen setelah Energy Information Administration menunjukkan penurunan cadangan pada minggu lalu, usai mengalami kenaikan lima minggu berturut-turut. Meski demikian, pasar masih tetap kelebihan pasokan bensin. 

Harga Minyak WTI Tembus US$116,5 per Barel, Level Tertinggi Sejak 2008

Data produksi minyak AS menunjukkan rata-rata produksi yang tinggi dalam empat minggu terakhir. Analisis mengatakan, harga minyak bisa bergejolak, karena tingginya suplai minyak mentah AS bertolakbelakang dengan upaya OPEC dan negara-negara eksportir minyak lainnya untuk memangkas pasokan minyak dunia. 

Kenaikan produksi minyak AS saat ini belum membuat  khawatir OPEC untuk sementara waktu ini. Menteri Energi Qatar, Mohammed al-Sada, mengatakan permintaan dunia saat ini "sehat".  (mus)

Rusia Serang Ukraina, Harga Minyak Dunia Tembus US$100 per Barel
Ladang minyak/Ilustrasi.

Harga Minyak Jatuh Dipicu Harapan Kemajuan Negosiasi Rusia-Ukraina

Harga minyak jatuh lebih dari lima persen ke level terendah dalam hampir dua minggu pada akhir perdagangan Senin.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022