Cara Hemat Mengisi Rumah

Ilustrasi warna pastel pada dekorasi rumah.
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA.co.id – Rumah yang nyaman tentu memerlukan perabotan rumah tangga untuk menunjang kegiatan sehari-hari dari pemilik rumah. Perabot rumah tangga tersebut cukup banyak dan beragam, mulai dari sofa, meja, kursi, lemari pakaian, tempat tidur, hingga barang-barang elektronik seperti kulkas, televisi, dan mesin cuci.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Banyaknya kebutuhan akan perabotan tersebut tentu menimbulkan konsekuensi besarnya dana yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Apalagi bila akan menempati rumah baru dan harus membeli berbagai perabot tersebut dalam waktu yang hampir bersamaan.

Salah satu cara untuk mengakali besarnya pengeluaran adalah dengan cara mengajukan kredit atau cicilan dalam pembelian perabotan. Saat ini cukup banyak toko ritel modern yang menawarkan program tersebut. Beberapa kartu kredit juga menawarkan cicilan tanpa bunga sehingga dapat menjadi pilihan yang menarik. 

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Selain dengan mengajukan cicilan, ada solusi untuk menghemat pengeluaran dalam membeli perabotan tersebut. Berikut tips selengkapnya dikutip dari Cermati.com:

1.       Pilih perabot yang hemat energi

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Jika Anda berorientasi untuk melakukan penghematan jangka panjang, maka dapat memilih barang yang hemat energi sehingga dapat mengurangi pengeluaran dalam biaya operasional per harinya dari barang tersebut. Saat ini sudah cukup banyak peralatan elektronik yang hemat energi, mulai dari pendingin ruangan, kulkas, hingga mesin cuci.

Mungkin pada beberapa barang, harga dari barang yang hemat energi sedikit lebih mahal, namun Anda dapat menghitung dalam jangka panjang apakah dapat memberikan keuntungan yang sesuai. Selain menghemat pengeluaran, tentu hemat energi juga baik untuk pelestarian lingkungan

2.      Membeli sesuai fungsi

Mengingat sebagian besar perabotan digunakan untuk menunjang aktivitas, maka belilah berdasarkan fungsi yang dibutuhkan, bukan dari hal lain seperti desain misalnya.

Hal ini akan membantu menghemat karena barang dengan desain yang unik atau eksklusif mungkin berharga lebih mahal dibanding dengan barang dengan desain standar, meskipun dengan fungsi yang sama.

Selain itu, perlu juga memperhatikan fitur yang benar-benar dibutuhkan, sehingga tidak membeli barang dengan fitur berlebihan yang pada akhirnya juga tidak dimanfaatkan.

Misalnya ada kulkas dengan fitur canggih dan ukuran yang sangat besar, padahal Anda tidak menyimpan bahan makanan yang terlalu banyak sehingga mungkin lebih tepat bila membeli kulkas dengan ukuran sedang

3.      Pilih perabotan sesuai kebutuhan

Tips ini hampir mirip dengan tips di atas, hanya saja dalam tahap ini Anda harus lebih fokus pada kebutuhan dan bukan hal-hal nonteknis lain seperti misalnya gengsi atau keinginan sesaat semata.

Misal tidak harus membeli televisi dengan model terbaru karena biasanya model yang lebih lama dijual lebih murah. Untuk kualitas pun terkadang tidak berbeda terlalu jauh, sehingga hal tersebut dapat menjadi langkah cerdas dalam menghemat pembelian perabotan

4.       Hindari membeli barang dengan biaya perawatan tinggi

Ada beberapa perabot yang memerlukan biaya perawatan cukup tinggi untuk menjaga fungsi atau kondisinya agar tetap baik. Untuk sofa misalnya, bila memilih jenis bahan tertentu yang berbulu atau beludru, tentu membutuhkan perawatan ekstra yang lebih hati-hati dan teliti dibanding sofa dengan bahan kain.

Pada barang elektronik, Anda perlu membandingkan beberapa merek karena merek tertentu kadang membutuhkan biaya servis yang lebih tinggi atau suku cadang yang lebih mahal bila harus diganti

5.       Pilih toko yang bebas biaya kirim

Banyak perabotan yang berukuran besar sehingga membutuhkan jasa toko untuk melakukan pengantaran. Ada beberapa toko yang mengenakan biaya untuk pengantaran, sehingga ada baiknya  mencari tahu terlebih dulu dan memilih toko yang membebaskan biaya pengiriman.

6. Lakukan survei sebelum membeli

Dalam membeli perabotan, ada baiknya juga melakukan survei dan penghitungan terhadap keseluruhan perabot yang  dibutuhkan, sehingga memperoleh gambaran penghitungan yang lengkap.  

Dengan demikian dapat memperkirakan berapa total dana yang dibutuhkan sehingga tidak terlanjur menghabiskan terlalu banyak anggaran untuk membeli satu jenis perabotan tertentu. Dengan tips-tips di atas, Anda dapat melakukan penghematan yang cukup besar dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya