Perbaikan Runway 5 Bandara Disiapkan Rp750 Miliar

Pesawat komersial bersiap mendarat di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado. Foto ilustrasi
Sumber :
  • Antara/ Fiqman Sunandar

VIVA.co.id – Guna mengantisipasi tingginya pertumbuhan penumpang dan mengoptimalkan aspek keamanan penerbangan, PT Angkasa Pura I akan memperbaiki landasan pacu atau runway di lima bandara.

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Direktur Utama AP I, Danang S. Baskoro, menjelaskan, langkah ini diambil dengan memperhatikan adanya pertumbuhan penumpang ke wilayah timur Indonesia.

Menurut Danang, upaya itu akan ikut mengubah jenis pesawat yang akan diterbangkan ke daerah-daerah tersebut. Sementara itu, runway-runway yang ada dianggap kurang optimal dalam mengakomodasi, sehingga perlu pembenahan.

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

"Kami memperhatikan bahwa pertumbuhan penumpang ke wilayah timur Indonesia itu sekarang kan meningkat, begitu pun pesawatnya. Sementara itu, dulunya runway tersebut tidak dirancang untuk pesawat-pesawat besar seperti sekarang ini," kata Danang di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis 9 Februari 2017.

Ia menyebut, Angkasa Pura I mengalokasikan dana hingga Rp750 miliar guna perbaikan pada runway di lima bandara tersebut. Ditargetkan, seluruh upaya perbaikan runway pada kelima bandara ini akan selesai pada 2019.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

"Sehingga kami bisa memberikan penanganan dan waktu ekstra, agar pelayanan kami bisa tetap bagus," ujarnya.

Perbaikan runway yang akan dilakukan pada kelima bandara itu antara lain Bandara Juanda (Surabaya), Bandara I Gusti Ngurah Rai (Bali), Bandara Adisutjipto (Yogyakarta), Bandara Sam Ratulangi (Manado), dan Bandara Hasanuddin (Makassar). (art)

Dok. Istimewa

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono menghadiri Transit Oriented Development (TOD) Investment Forum di Tokyo. Heru lihat penandatanganan tujuh dokumen kerja sama proyek MRT.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024