Ikuti Wall Street, Bursa Asia Dibuka Lebih Tinggi 

Bursa saham Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino

VIVA.co.id – Bursa saham Asia dibuka lebih tinggi pada perdagangan hari ini, Jumat 8 Februari 2017, mengikuti bursa saham Amerika Serikat, yang ditutup naik. Pasar saham AS dan Asia terdongkrak setelah pernyataan Presiden AS, Donald Trump, mengatakan akan segera mengumumkan kebijakan pajaknya. 

Tak Jelasnya Reformasi Pajak AS, Ikut Lemahkan Saham di Asia

Dilansir CNBC, indeks Jepang Nikkei diperdagangkan melonjak 1,97 persen. Indeks Australia ASX 200 naik 0,71 persen dan indeks Korea Selatan, Kospi, naik 0,61 persen.

Para investor juga tengah menanti rencana kunjungan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, ke AS untuk bertemu Trump selama dua hari. Pertemuan Abe diperkirakan akan membahas tentang kebijakan ekonomi Trump dan keputusannya mundur dari Trans-Pasific Partnership. 

Mengekor Bursa Wall Street, Saham di Asia Menguat

Sebelumnya, bursa saham AS ditutup melonjak setelah Trump menyatakan akan mengumumkan kebijakan pajak dalam dua atau tiga minggu lagi. Bursa Wall Street menanjak lebih dari 0,5 persen. 

Sementara indeks dolar AS menguat terhadap mata uang utama lainnya di posisi 100,68 poin. Dolar menanjak lebih dari satu persen terhadap mata uang jepang, yen. 

Bursa Asia Menguat, Sambut Positif Pilpres Prancis
Pengendara sepeda di depan papan Bursa Saham Tokyo.

Saham-saham di Asia Pasifik Menguat, Terdorong Wall Street

Sentimen positif dari Uni Eropa juga turut berkontribusi.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2017