BTN Segera Luncurkan Kredit Mikro Perumahan

Pameran BTN Property Expo
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Guna mendorong pemerataan pembangunan perumahan di Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendorong PT Bank Tabungan Negara Tbk untuk segera merealisasikan kredit mikro perumahan, bagi masyarakat yang bekerja di sektor informal.

Kata Menteri Basuki soal Program 3 Juta Rumah Prabowo-Gibran

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono berharap, dengan kredit mikro perumahan tersebut, masyarakat bisa lebih mudah untuk memiliki rumah bersubsidi pemerintah.

"Oleh karenanya saya berharap agar hal ini bisa segera direalisasikan oleh Bank BTN," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 12 Februari 2017.

Bos BTN Tegaskan Kolaborasi dengan REI Bukan Sekadar Bisnis Semata

Basuki berharap kredit mikro perumahan yang telah diluncurkan BTN bisa segera dilaksanakan pada akhir Februari 2017 ini. Agar, masyarakat bisa segera memanfaatkan fasilitas tersebut untuk memiliki rumah dengan harga yang terjangkau, dan mendapatkan subsidi dari pemerintah sekaligus mensukseskan program satu juta rumah.

"Masih banyak masyarakat Indonesia yang bekerja di sektor informal, tapi mereka memiliki kemampuan untuk membayar cicilan rumah. Adanya kemudahan fasilitas kredit dari BTN tentu akan membuat mereka segera memiliki rumah," kata Basuki.

JICA, BCA dan Citi Suntik BTN Rp1,4 T untuk Program Satu Juta Rumah

Sementara itu, Direktur Utama BTN, Maryono menegaskan, sebagai bank yang memang bergerak di pembiayaan perumahan, pihaknya akan terus mendukung program perumahan yang dilaksanakan pemerintah.

"BTN juga akan berusaha agar masyarakat bisa memanfaatkan kredit mikro perumahan apalagi kebutuhan rumah di Indonesia terus meningkat," kata Maryono.

Dia menjelaskan, salah satu upaya untuk memberikan akses perumahan kepada masyarakat adalah melalui penyelenggaraan pameran perumahan. Sebagai rangkaian perayaan ulang tahun ke-67, Bank BTN mengadakan pameran Indonesia Property Expo 2017 mulai 11-19 Februari 2017 di JCC, Jakarta.

Pameran diikuti 120 pengembang perumahan non subsidi dan 100 pengembang perumahan bersubsidi tersebut. Pameran menampilkan sekitar 700 proyek properti mulai dari apartemen, kondotel, pergudangan, perumahan dan pertokoan, yang berada di lokasi-lokasi strategis.

Dalam pameran ini BTN juga bekerjasama dengan Kementerian PUPR dan DPP REI, untuk menawarkan berbagai promosi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat seperti bunga murah 4,67 persen fixed satu tahun untuk KPR non subsidi, dan bunga lima persen untuk KPR bersubsidi.

Selain itu, uang muka ringan sebesar lima persen untuk KPR non subsidi dan satu persen untuk KPR bersubsidi pun turut ditawarkan dalam pameran tersebut.

"Kami berharap masyarakat bisa meramaikan kegiatan ini, dan memanfaatkan fasilitas pembiayaan  yang diberikan oleh BTN," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya