Harga Logam Naik Bisa Dorong Penguatan IHSG

Papan IHSG
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Indeks harga saham gabungan hari ini, Selasa, 14 Februari 2017 diperkirakan akan bergerak bervariasi, namun cenderung melanjutkan penguatan. Ada beberapa faktor pendukung perkiraan tersebut.

IHSG Dibuka Merah, Simak Rekomendasi Saham Awal Pekan Ini

"IHSG pada perdagangan awal pekan kemarin berhasil melanjutkan penguatannya seiring tren bullish (aksi beli) pasar saham global dan kawasan Asia kemarin," kata Analis First Asia Capital, David N Setyanto, di Jakarta.

David menjelaskan, pasar saham global dan kawasan yang bergerak dengan melakukan akumulasi pembelian (bullish), dan kenaikan sejumlah harga komoditas logam akan menopang pergerakan IHSG. 

Dolar AS Melemah, IHSG Diprediksi Menguat Terbatas

Menurutnya, kenaikan harga sejumlah komoditas logam seperti nikel dan putusan Menteri Keuangan tentang tarif bea keluar atas ekspor produk hasil pengolahan mineral logam sebesar nol sampai 7,5 persen berdasarkan kemajuan fisik pembangunan fasilitas pemurnian (PMK No.13/PMK.010/2017), turut memicu aksi beli atas sejumlah saham emiten tambang.

Di samping itu, lanjutnya, aksi beli selektif juga akan digerakkan oleh sejumlah sentimen individual terutama terkait rilis laba 2016 sejumlah emiten sektoral.

IHSG Dibuka Menghijau, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

"IHSG diperkirakan bergerak di kisaran 5.380 hingga 5.430," ujarnya.
 
Saham-saham pilihan hari ini yang dapat dijadikan rekomendasi di antaranya, PT Astra Internasional Tbk (ASII), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN). 

Kemudian, PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT United Tractor Tbk (UNTR), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Timah Tbk (TINS), dan PT Medco Energy Tbk (MEDC). (one)

Ilustrasi papan saham IHSG.

IHSG Dibuka Melemah, Simak Rekomendasi Saham Akhir Pekan Ini

IHSG memiliki potensi untuk kembali mengalami tekanan karena saham-saham dari sektor pertambangan dan keuangan.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2021