Bosan Kerja Kantoran, Ini Lima Tips Jitu Memulai Bisnis

Ilustrasi sukses berbisnis.
Sumber :

VIVA.co.id – Salah satu upaya yang dilakukan banyak orang untuk lepas dari rutinitas kantoran yang terkadang sangat membosankan adalah melakukan kegiatan usaha atau bisnis. Hal lain yang mendasarinya yakni di saat kondisi ekonomi yang semakin pelik. 

Bikin Kuliner Indonesia Mendunia, Pebisnis Ini Sukses di AS

Dilansir dari laman Cermati.com, pada Rabu 15 Februari 2017, kegiatan bisnis yang dilakukan dapat juga untuk mengontrol pendapatan oleh seseorang dan mempersiapkan hari tua yang mapan di kemudian hari.

Saat ini sudah banyak karyawan yang juga merangkap menjadi seorang pengusaha, baik itu pengusaha dalam skala kecil maupun pengusaha dalam skala besar. Hal ini dilakukan tak lain untuk memperbaiki kondisi ekonomi. 

Kisah Andrey Melnichenko, Miliarder yang Bisnis Uang dan Energi

Namun sebelum merintis usaha, banyak orang yang tidak mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan agar kegiatan usaha berjalan seperti apa yang diharapkan. Bagi yang ingin memulai usaha, ini dia beberapa tipnya.

1. Fokus pada satu peluang bisnis

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Saat ingin memulai bisnis, pasti terbersit di dalam pikiran untuk memulai berbagai jenis bisnis dengan tujuan agar pendapatan yang diterima juga semakin banyak. Namun hal tersebut pada dasarnya salah, karena hal tersebut akan membuat Anda semakin bingung peluang bisnis mana sebaiknya yang harus dijalankan. 

Tentu saja menjalankan berbagai macam bisnis dalam waktu yang bersamaan itu sangat sulit, yang ada nantinya bisnis yang dijalankan akan gagal karena berbagai jenis bisnis yang dipilih tidak dapat ditangani sekaligus. Untuk bisa berhasil dan sukses dalam bisnis, Anda harus fokus pada satu peluang bisnis saja.

Sebelum fokus pada satu jenis peluang bisnis, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada diri sendiri bisnis apa sebenarnya yang sebaiknya dijalankan. Usahakan juga untuk menjalankan bisnis sesuai dengan minat atau hobi Anda. Hal ini akan membantu Anda semakin mudah untuk mengembangkan dan menjalankan bisnis. Apalagi bisnis yang dilakukan termasuk salah satu kegiatan yang paling disenangi.

2. Menguasai bisnis

Ini adalah hal yang tidak kalah penting saat memulai bisnis. Untuk dapat mengembangkan bisnis, tentu saja Anda selaku pengusaha harus bisa menarik pengusaha lain untuk bisa bergabung dalam dunia bisnis. Akan ada banyak keuntungan yang diperoleh jika Anda bisa menarik para investor lainnya dalam bisnis. 

Selain itu, manfaatnya tidak hanya bertambahnya suntikan dana dari berbagai investor, namun ekspansi bisnis juga akan semakin berkembang. Untuk bisa menarik para investor bergabung, maka Anda harus benar-benar menguasai bisnis yang dijalankan secara detail agar para investor merasa yakin untuk menaruh uangnya pada bisnis Anda. 

3. Jangan pernah berhenti belajar

Belajar, belajar dan terus belajar adalah hal yang harus dilakukan oleh para pebisnis agar usaha bisnis yang dijalankan dapat semakin maju seiring berjalannya waktu. Sama halnya seperti hidup, manusia tidak pernah berhenti belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 

Sebagai seorang yang baru memulai bisnis, maka Anda dituntut untuk senantiasa belajar dari teman, kerabat, atau orang terdahulu yang sudah sukses dalam bisnis yang dijalankan. Pilihlah seorang teman, kerabat, atau mentor yang tepat yang mau mengajari Anda mengembangkan bisnis dengan setulus hati. Dari cerita yang dibagikannya, nantinya Anda bisa belajar dari pengalamannya dan menarik kesimpulan apa sebaiknya yang harus diambil. 

Jika merasa kurang paham tentang apa yang dibicarakannya, jangan malu untuk bertanya. Tanyakan juga kepada mereka apa kiat untuk sukses dalam bisnis. Usahakanlah untuk memperbanyak mendengar daripada berbicara.

4. Jadikan kegagalan sebagai pelajaran berharga

Dalam menjalankan bisnis, tak banyak orang yang langsung berhasil dan meraih kesuksesan dalam berbisnis. Seringkali pula orang mengalami kegagalan yang akan membuat mereka menyerah dan putus harapan. 

Sebagai seorang pebisnis, Anda tidak boleh langsung minder jika suatu saat mengalami kegagalan. Alangkah baiknya jika Anda mengambil hikmah dari kegagalan yang terjadi. Belajarlah dari kegagalan agar suatu saat bisa menjalankan bisnis menjadi lebih baik lagi. 

5. Talk less do more

Kita mungkin sering mendengar istilah ini dalam iklan di televisi. Dalam dunia bisnis, istilah tersebut sangatlah benar. Saat berbisnis, perhatikanlah setiap detail apa saja yang telah dikatakan. Jangan terlalu banyak berbicara, namun sedikit bertindak. Karena hal tersebut hanya akan membuat Anda terlihat besar omongan saja. 

Jika ingin sukses dalam berbisnis, buktikan dengan tindakan yang bisa Anda lakukan, agar orang lain juga bisa menilai kinerja Anda dari tindakan tersebut. (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya