Jauhi Kebiasaan ini Jika Anda Ingin Sukses

suami pemalas
Sumber :

VIVA.co.id – Pernahkah Anda membuat suatu perencanaan dengan matang, namun ketika tiba waktu untuk menjalankannya, timbul rasa malas sehingga Anda menunda hal tersebut? Hampir pasti kita semua pernah mengalaminya, terkadang rasa malas tidak hanya membuat Anda menunda melakukan suatu pekerjaan tertentu, tapi juga akhirnya tidak jadi menjalankannya. 

4 Tips Sukses dari Bill Gates dan Daniel Lubetzky untuk Para Pejuang

Dilansir dari Cermati.com, pada Kamis 16 Februari 2017, dalam membangun bisnis,rasa malas paling sering ditemui. Perencanaan bisnis yang sudah dibuat dengan matang sering tidak menghasilkan apa-apa karena tidak adanya aksi nyata untuk melaksanakan rencana tersebut

Sebenarnya mengalami rasa malas adalah hal yang wajar dan manusiawi, namun mereka yang mempunyai keteguhan hati untuk melawan rasa malas lah yang akan membuat seseorang menjadi sukses dan berhasil. 

Tips Sukses Menjadi PR Tangguh di Industri Kecantikan

Untuk itu bagi Anda yang ingin menjadi sukses, pertama-tama tidak perlu memikirkan langkah atau trik yang bermacam-macam, namun mulailah dengan mengatasi rasa malas Anda dan bekerja keras menjalankan rencana serta menggapai cita-cita. Bagi yang sudah bertekad untuk melawan rasa malas, berikut tips untuk membantu Anda:

1. Membuat pola hidup yang lebih baik

Kerap Dijuluki Crazy Rich, Leo Christian Bagikan Tips Sukses di Usia Muda

Rasa malas sering muncul akibat kurangnya sikap disiplin dalam diri yang tercermin dalam pola kehidupan yang tidak teratur. Contoh sederhananya dimulai dari seseorang yang tidak teratur ketika bangun pagi sehingga kesulitan untuk mengatur kegiatan berikutnya. 

Bila seseorang bangun kesiangan, tentu tidak memiliki waktu yang cukup untuk merapikan tempat tidur dan menyiapkan rencana untuk hari tersebut. Hal ini secara tidak sadar akan menjadi kebiasaan dan membuat seseorang akan menjalani kehidupan dengan tidak teratur dan menjadi malas. 

2. Melakukan perencanaan kerja sejak pagi hari

Pada pagi hari, pikiran dan tubuh kita masih segar setelah beristirahat sehingga menjadi waktu yang tepat untuk merencanakan kegiatan pada hari itu. Dengan melakukan perencanaan, maka Anda sudah membuat target kegiatan yang harus dilakukan pada hari itu. Usahakan untuk menjalankannya dengan tepat tanpa menunda-nunda. Semakin Anda menunda maka akan semakin besar kemungkinan rasa malas muncul.

3. Hindari kebiasaan duduk di sofa atau berbaring sebelum waktu beristirahat

Usahakan untuk selalu mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat. Bila merasa sudah selesai mengerjakan tugas yang ada, coba pikirkan mengenai tugas atau rencana lain di siang hari yang dapat Anda lakukan. 

Meskipun lebih awal dari rencana, namun jangan ragu untuk mengerjakan tugas tersebut sehingga waktu Anda dapat dimaksimalkan dan menghindarkan Anda dari bersantai-santai. Bila Anda terlalu lama bersantai dengan duduk di sofa atau berbaring, maka akan muncul rasa malas untuk bangkit dan mengerjakan hal lain.

4. Memotivasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik

Tanamkan motivasi pada diri sendiri bahwa melawan rasa malas membawa banyak manfaat yang positif dan berguna membawa Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Misalnya bila Anda terbiasa untuk susah bangun pagi, maka tanamkan motivasi bahwa bangun pagi akan membuat Anda menjadi orang yang lebih produktif dan dapat berkarya lebih banyak. 

Contoh lain misalnya Anda dapat memotivasi diri untuk tekun dalam menjalankan usaha Anda dengan keyakinan bahwa kerja keras akan membawa Anda pada kesuksesan dan membanggakan orang-orang tercinta.

5. Memberikan hadiah untuk diri sendiri

Setiap kali berhasil melawan rasa malas, maka jangan ragu untuk memberikan hadiah atas keberhasilan dan tekad Anda dalam mengatasi kemalasan tersebut. Hadiah sederhana pun sudah cukup, yang terpenting adalah hadiah tersebut merupakan apresiasi pada diri sendiri dan juga sebagai bentuk motivasi. Misalnya bila sudah sukses bangun pagi, maka Anda dapat memberikan hadiah pada diri sendiri berupa makan pagi yang disukai.

Begitu pula sebaliknya, bila malas dalam beraktivitas maka Anda juga harus konsekuen dengan memberikan hukuman pada diri sendiri. Tentu hukuman tersebut tidak harus berat namun bisa berupa penundaan terhadap hal yang disukai atau menambah bobot dari pekerjaan yang harus dilakukan. Dengan menetapkan hadiah dan hukuman, maka dapat membuat Anda lebih termotivasi untuk melawan rasa malas. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya