Pilkada Serentak Lancar, IHSG Diprediksi Menguat

Ilustrasi bursa efek.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan berbalik arah menguat atau mengalami rebound hari ini. Prediksi tersebut didukung oleh positifnya sentimen dalam negeri maupun global.

IHSG Dibuka Melemah, Simak Rekomendasi Saham Akhir Pekan Ini

Analis First Asia Capital, David N Sutyanto, mengatakan, dari domestik, pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, terutama di DKI Jakarta yang berjalan aman dan lancar turut meredakan risiko pasar keuangan. 

Berkaca pada perdagangan Selasa lalu, pelaku pasar cenderung melakukan aksi ambil untung dalam mengantisipasi hasil pilkada di DKI Jakarta. Kondisi tersebut menyebabkan IHSG turun ke zona merah.

IHSG Dibuka Merah, Simak Rekomendasi Saham Awal Pekan Ini

"Hasil pilkada di DKI Jakarta bisa memicu naiknya risiko politik domestik," ujarnya di Jakarta, Kamis, 16 Februari 2017.

Sementara itu, dari global, lanjut David, dukungan kondusifnya pasar saham global dan kenaikan harga komoditas logam dapat membantu IHSG keluar dari zona merah.

Dolar AS Melemah, IHSG Diprediksi Menguat Terbatas

Bursa saham global tadi malam juga melanjutkan tren bullish. Indeks saham di Uni Eropa, Eurostoxx, menguat 0,45 persen ke level 3.323,71. Di Wall Street, indeks DJIA dan S&P kembali menguat untuk lima hari berturut-turut dan ditutup di posisi 2.0611,86 dan 2.349,25. Masing-masing menguat 0,5 persen. Selanjutnya, indeks Nasdaq naik 0,6 persen menjadi 5.819,44. 

"Pasar merespons pernyataan Yellen (Gubernur the Fed Janet Yellen) di depan Kongres, yang kembali menegaskan rencana kenaikan tingkat bunga tahun ini seiring dengan pencapaian tingkat inflasi dan tenaga kerja yang mendekati target bank sentral," tuturnya.

Sebab, kata David, tadi malam data ekonomi AS seperti inflasi Januari sebesar 0,6 persen (month of month) di atas perkiraan 0,3 persen, dan penjualan ritel Januari yang tumbuh 0,4 persen (mom) di atas perkiraan 0,1 persen turut menopang aksi beli pelaku pasar. 

"IHSG pada perdagangan hari ini akan bergerak di kisaran 5.350 hingga 5.410 dengan kecenderungan menguat," tuturnya.
 
Saham-saham yang dapat dicermati di antaranya, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT PP Tbk (PTPP), PT Medco Energi Tbk (MEDC), dan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya