TUTUP
TUTUP
BISNIS

RI dan Swedia Kerjasama Garap Energi Terbarukan

Kerja sama ini diharapkan menciptakan pasokan listrik yang kompetitif.
RI dan Swedia Kerjasama Garap Energi Terbarukan
Turbin pembangkit listrik tenaga angin  (Antara/ Rosa Panggabean)

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia bersama Swedia menyatakan komitmen untuk terus berupaya mengembangkan sektor energi baru terbarukan. Ini melalui percepatan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Angin dan Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Kerja sama ini dituangkan dalam perjanjian nota kesepahaman yang dilakukan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan dan Menteri Koordinator Kebijakan dan Energi Swedia, Ibrahim Baylan di kantor Kementerian ESDM, Jakarta.

"Tujuan dari kebijakan energi adalah memastikan pasokan listrik untuk industri dan rumah tangga dengan harga kompetitif. Saya percaya kedua negara dapat bekerja sama untuk mencapainya," jelas Baylan dalam sambutannya, Jumat 17 Februari 2017.

Dalam kesempatan yang sama, Jonan mengaku telah melakukan pembicaraan secara personal dengan Baylan, tentang berbagai potensi yang bisa dikembangkan. Apalagi secara geografis, mantan Menteri Perhubungan itu mengatakan, masih ada potensi energi baru terbarukan yang bisa dikembangkan.

"Yang penting lokasinya efisien. Kalau efisien, pengembangannya semakin baik, tarifnya juga bisa lebih efisien," katanya.

Namun sayangnya, Jonan mengaku belum mengetahui berapa total investasi yang bakal digelontorkan untuk pembangunan kedua proyek tersebut. Menurutnya, hal itu akan kembali ditindaklanjuti oleh kedua pihak dalam waktu dekat. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP