BI: DP Rumah 0% Salahi Aturan

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengingatkan kembali aturan terkait uang muka perumahan. Dalam salah satu beleid aturan Loan to Value, uang muka rumah ditetapkan minimal 15 persen. Di bawah angka itu tentu menyalahi aturan tersebut.

Menerawang Efektivitas Perpanjangan Insentif PPN DTP Sektor Perumahan

Agus Martowardojo menyampaikan hal itu saat ditemui di Kompleks BI. "Tentu harus ada minimum untuk penyaluran kredit mortgage. Kalau nol persen, tentu itu menyalahi," kata Agus, Jakarta, Jumat 17 Februari 2017.

Sebelumnya salah satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyied Baswedan - Sandiaga Salahuddin Uno., mengusung program uang muka nol persen bagi warga Jakarta yang akan menyicil rumah. Program perumahan dengan uang muka nol persen itu berulang kali disuarakan dalam kampanye pasangan ini.

Dijual hingga Rp15 Miliaran, 486 Unit di Cluster Ini Laku dalam 2 Hari

Program itu sebaiknya ditinjau ulang. Sebab bisa menimbulkan implikasi yang tidak diinginkan oleh semua pihak. "Sebaiknya jangan dilakukan karena nanti akan mendapatkan teguran dari otoritas," ujarnya.

Pertengahan tahun lalu, bank sentral telah melonggarkan kebijakan makro prudensialnya dengan merelaksasi ketentuan rasio LTV, yang berlaku bagi pembiayaan rumah tapak, rumah susun, sampai dengan ruko. Dalam ketentuan yang baru, ada sejumlah kebijakan yang diatur.

Pandemi Bakal Berakhir, Intip Prediksi Colliers di Sektor Properti RI

Seperti, uang muka yang harus dibayarkan dari jenis rumah yang diakusisi, minimal 15 persen. Jumlah itu turun dari aturan LTV, yang mematok uang muka sebesar 20 persen. Kebijakan ini pun sudah efektif berlaku, sejak pertengahan tahun lalu. (ren)

PropertyGuru.

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

PropertyGuru merupakan perusahaan property technologi yang diketahui induk dari situs pencarian Rumah.com.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2022