Terobosan Arcandra Pertahankan Produksi Minyak RI

Rig Minyak.
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id – Total produksi minyak harian yang dihasilkan dari wilayah Indonesia menembus 800 ribu barel per hari. Namun, tingkat produksi minyak itu justru terus tergerus, karena terbebani dari semakin minimnya sumber cadangan minyak dan gas yang ada di berbagai wilayah Indonesia.

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar menegaskan, dibutuhkan terobosan jangka pendek, untuk meminimalisasi terjadinya penurunan produksi minyak dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Terobosan itu diharapkan dapat mempertahankan produksi minyak di posisi sekarang.

"Jadi harus ada cara untuk menaikkan (produksi minyak nasional)," ujar Arcandra, saat ditemui di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat 17 Februari 2017.

Airlangga Minta Industri Migas Maksimalkan Teknologi Hijau

Terobosan tersebut, kata Arcandra, adalah bagaimana mencari sumber minyak baru di wilayah minyak gas yang ada, dengan memanfaatkan teknologi yang sesuai dengan karakteristik wilayah lapangan minyak gas, yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Program ini, segera dilakukan dalam waktu dekat.

Nantinya, lanjut Arcandra, program ini akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait, salah satunya adalah Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. SKK Migas yang akan menjadi eksekutor dari program terobosan yang dicanangkan pemerintah.

Intip Strategi SKK Migas Kejar Produksi Minyak 1 Juta BOPD pada 2030

"Kami ingin lifting minyak tetap di atas 800 ribu bph dalam waktu lima tahun. Ini yang akan kami kerjakan dalam bulan-bulan ini," ujarnya.

Lantas, bagaimana jika terobosan tersebut tidak dilakukan? "Tanpa program ini, national decline (penurunan lifting) tahun 2021 bisa di bawah 600 ribu bph dalam lima tahun," ujarnya.

Industri hulu migas (ilustrasi)

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

IDSurvey sebagai Holding BUMN Jasa Survei turut serta dalam pameran Forum Kapasitas Nasional III 2023. Diharapkan bisa mendukung industri migas nasional.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023