Menhub Ingin Banyak Rute Penerbangan ke Wakatobi

Bandara Matohara Wakatobi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meninjau beberapa bandara dan pelabuhan di kawasan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Menhub juga meninjau pembangunan bandara serta kesiapan jalur laut di objek Wisata Taman Nasional Wakatobi.

Destinasi Liburan Impian Arya Saloka Ternyata di Sini, Penasaran?

Begitu datang ke Wakatobi, Sabtu 18 Februari 2017, Budi Karya langsung melihat kesiapan serta kelengkapan Bandara Matohara. Bandara ini baru saja selesai tahap pengembangan. Di bandara tersebut, Budi mengapresiasi kesiapan dan kelengkapan bandara baru itu.

Dari segi fasilitas, bandara ini juga terbilang cukup lengkap dengan sistem metal detector, conveyor belt otomatis, jaringan internet wifi, serta ruangan khusus ibu menyusui. Meski demikian, menhub memiliki beberapa catatan tersendiri.

Nahkoda Speedboat Kejari Wakatobi Meninggal di Perairan Kaledupa

"Saya apresiasi kelengkapan bandara ini cukup bagus, panjang landasannya juga sudah cukup untuk saat ini. Namun, mungkin ke depannya bisa dipertebal (landasannya), agar pesawat Boeing bisa mendarat," kata Budi di Bandara Matohara.

Untuk meningkatkan jumlah frekuensi penerbangan, menhub juga telah berkomunikasi dengan pihak maskapai agar dapat membuka penerbangan di sana. Hingga kini, baru Wings Air yang menggunakannya dengan frekuensi dua kali dalam sehari.

Heboh Konser Musik Cakada di Wakatobi Abaikan Protokol Kesehatan

Kata Budi Karya, Wakatobi akan menjadi kawasan wisata yang ingin diprioritaskan. Nantinya juga akan diusahakan agar bisa terkoneksi dengan penerbangan ke Toraja. Saat ini, maskapai penerbangan yang siap untuk bergabung ke rute tersebut adalah Garuda Indonesia.

"Ke depan kita tambah maskapai, Garuda juga sudah setuju, tinggal penjadwalan. Mungkin April Insya Allah sudah mulai terbang," kata Budi. (art)

Barang bukti sabu. (Foto ilustrasi)

Edarkan Sabu, Anggota Polres Wakatobi Ipda AS Ditangkap

Anggota Polres Wakatobi Ipda AS ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Sultra bersama enam tersangka lainnya.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2022