Irak Laporkan Cadangan Minyak Naik Jadi 153 Miliar Barel

Ilustrasi Ladang minyak dan gas di lepas pantai.
Sumber :
  • Antara/ Saiful Bahri

VIVA.co.id – Irak melaporkan baru menemukan cadangan minyak terbukti sebanyak 10 miliar barel, sehingga jumlah cadangan minyak terbukti Irak kini mencapai 153 miliar barel. Hal itu diumumkan oleh Menteri Minyak Irak, Jabbar al-Luaibi, Minggu 19 Februari 2017. 

Harga Minyak Dunia Sempat Tembus Rekor US$130 per Barel

Dilansir CNBC, Senin 20 Februari 2017, peningkatan cadangan minyak terbukti Irak ini mengukuhkan posisinya menjadi negara dengan cadangan minyak terbesar setelah Venezuela, Arab Saudi, Kanada, dan Iran. 

Jabbar mengatakan, bahwa aktivitas di tujuh lapangan migas di pusat dan selatan Irak telah berkontribusi pada peningkatan cadangan minyak mentah dari level sebelumnya 143 miliar barel. Ia juga meminta Organisasi Negara-negara Eksportir Minyak atau OPEC untuk memvalidasi penemuan tersebut.   

Harga Minyak WTI Tembus US$116,5 per Barel, Level Tertinggi Sejak 2008

Akhir pekan lalu, harga minyak mentah dunia ditutup naik. Perdagangan minyak mentah Brent diakhiri di US$55,72 per barel setelah naik tujuh persen dari penutupan perdagangan sebelumnya.  

Sedangkan harga minyak mentah Amerika Serikat, West Texas Intermediate, ditutup naik empat sen di US$53,4 per barel. (mus)

Rusia Serang Ukraina, Harga Minyak Dunia Tembus US$100 per Barel
Ladang minyak/Ilustrasi.

Harga Minyak Jatuh Dipicu Harapan Kemajuan Negosiasi Rusia-Ukraina

Harga minyak jatuh lebih dari lima persen ke level terendah dalam hampir dua minggu pada akhir perdagangan Senin.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022