Tingkatkan Wisatawan, Kemenhub Evaluasi Sektor Penerbangan

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pariwisata menggelar rapat koordinasi lintas sektor 'Transport-Tourism Stimulus Package', sebagai langkah untuk meningkatkan aksebilitas udara.

Menhub Optimistis Industri Penerbangan Segera Bangkit

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, target kenaikan jumlah wisatawan tahun ini sebesar 25 persen dari 2016, atau sekitar 15 juta wisatawan. Karena itu, ada sejumlah hal yang harus dievaluasi, dan dibenahi kembali guna mencapai target tersebut.

"Kita menargetkan komposisi antara wisatawan dari dalam dan luar negeri. Sekarang ini kan, baru 20 persen. Tahun ini, kita harapkan bisa naik sampai 25 persen," kata Budi di kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, belum lama ini.

Erick Thohir Pede Sektor Penerbangan Pulih 6-8 Bulan Kedepan

Budi menegaskan, ukuran keberhasilan dari jajarannya di Dirjen Perhubungan Udara adalah, agar bagaimana mereka bisa melayani, dan meningkatkan jumlah wisatawan. Karenanya, dengan upaya membalik paradigma berupa pemberian pelayanan yang baik bagi para operator bandara dan maskapai, hal itu diharapkan bisa terealisasi sesuai target tahun ini.

"Apa yang harus dilakukan itu banyak sekali, seperti misalnya bagaimana masalah penyiapan bandara, menyediakan slot, dan lain sebagainya," kata Budi.

Kolaborasi INACA dan Boeing Genjot Industri Penerbangan 2022

Dia mengakui, langkah ini sudah dilakukan pihak Kemenhub, seperti memberikan sejumlah insentif kepada pihak Angkasa Pura I dan II. Namun, hal itu masih dirasa belum mampu meraih tujuannya, sehingga perlu dievaluasi kembali insentif yang diberikan, apa saja kendalanya dan bagaimana langkah penyelesaiannya.

"Seperti Kualanamu, mestinya kan, Kualanamu punya fasilitas yang bisa menjadikannya sub hub di utara Indonesia. Tetapi, kita baru bisa (menerima rute) dari India dan Timur Tengah saja, yang lain belum. Maka, saya akan undang lagi maskapai-maskapai untuk berdiskusi," ujarnya. (asp)

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi

Kemnaker Apresiasi Kerja Sama Industri Penerbangan Indonesia-Tiongkok

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan apresiasi pengembangan kerja sama Indonesia-Tiongkok di Industri penerbangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2023