Menteri Perhubungan Sebut PT KAI Akan Danai Proyek LRT

Pembangunan Proyek LRT
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id – Pemerintah telah menunjuk PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menjadi investor dalam pendanaan proyek Light Rail Transit (LRT), untuk rute Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek). Dipastikan, skema pendanaannya pun tak lagi bergantung pada anggaran pendapatan dan belanja negara saja, melainkan juga akan dibantu oleh sejumlah BUMN.

Summarecon Kerja Sama dengan KAI Kembangkan Fasilitas TOD di Bekasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihak PT KAI juga telah bersedia untuk ikut dalam pendanaan pembangunan proyek LRT. Namun, hingga kini belum diputuskan apakah PT KAI sudah siap dengan total biaya yang akan diajukan, karena sampai saat ini total anggarannya masih dihitung oleh pihak pemerintah.

"KAI sudah ikut, tapi angka terakhirnya nanti kita lihat. Apakah neracanya kuat atau enggak untuk meng-carry pinjaman dan bisnisnya," kata Budi di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Senin 20 Februari 2017.

Beroperasi Agustus 2022, Intip Jam Layanan LRT Jabodebek

Budi menjelaskan, ditunjuknya PT KAI sebagai mitra pemerintah dalam proyek LRT ini, karena KAI dianggap paling kompeten dalam menangani pembangunan perkeretaapian.

Meskipun, sampai saat ini hal-hal detail apa saja yang akan di-cover oleh KAI belum juga diputuskan karena masih dalam proses, Budi yakin jika pengalaman PT KAI akan memudahkan pembangunan LRT tersebut.

Cerita Pegawai PT KAI Jadi Korban Investasi Bodong Mobil Murah

"Baru KAI (investornya). Karena memang yang paling pengalaman itu KAI. Untuk segala sesuatu dan detailnya besok. Sekarang masih belum tahu," ujarnya.

Diketahui, selain proyek LRT Jabodebek, pemerintah juga tengah menggodok proyek LRT Palembang, yang prosesnya telah disahkan melalui penandatanganan Adendum kontrak 1 dengan nilai kontrak sebesar Rp10,9 triliun. 

Targetnya, LRT Palembang akan diselesai hingga bisa beroperasi pada Juni 2018, guna menyambut gelaran Asian Games dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya