Kemenhub Tugaskan Pelindo I Kelola Lalu Lintas Selat Malaka

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan menugaskan PT Pelindo I mengelola lalu lintas pelayaran di Selat Malaka. Pembicaraan perihal pengelolaan lalu lintas laut itu telah selesai dibahas dengan negara tetangga, yaitu Singapura dan Malaysia. 

Ramp Check Angkutan Lebaran 2024, Dishub Tangerang: Bus Pakai Klakson Telolet Tak Laik Jalan

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya juga telah menyampaikan hal tersebut kepada Sekretaris Jenderal International Maritime Organization, H.E Kitack Lim, dalam pertemuan hari ini di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta.

"Beliau mengapresiasi langkah tersebut. Di satu sisi kita berkoordinasi baik dengan Singapura dan Malaysia, di sisi lain kita memberi suatu keleluasaan atau juga kelancaran lalu lintas di selat Malaka," kata Budi di kantornya, Jakarta, Selasa 21 Februari 2017. 

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Tonny Budiono menjelaskan, pihaknya telah menyampaikan laporan resmi kepada IMO terkait hal tersebut.  "Mudah-mudahan bulan ini sudah bisa jalan, Yang penting Malaysia dan Singapura sudah sepakat, kita laksanakan," kata Tonny. 

Meski demikian, lanjut Tonny, persiapan yang perlu dilakukan adalah terkait dengan kesiapan sumber daya manusia, dan kesiapan peralatan. Pemerintah akan memberikan kesempatan untuk Pelindo I dalam menyiapkan segala sesuatunya. 

Jokowi Resmikan Bandara SIS Al-Jufri dan Tiga Bandara di Sulawesi

"Harusnya kan pemandu (navigator) itu hak kita pemerintah, tapi bisa kita delegasikan ke siapa pun, dan untuk saat ini ke Pelindo I. Karena selat Malaka dan Singapura areanya Pelindo I.” (mus)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Resmikan Pelabuhan Wani Sulawesi Tengah

Jokowi Senang Pelabuhan Wani dan Pantoloan Berdiri Kokoh Lagi Usai Diguncang Tsunami Palu 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu, Kabupaten Donggala, Sulawesi

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024