Jurus Menhub Tangkal Pungli di Jembatan Timbang

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal segera mengoptimalkan fasilitas jembatan timbang untuk menekan kerusakan di jalan Pantai Utara. Aktivasi jembatan timbang itu akan diimbangi dengan memperketat aturan agar pungutan liar tak lagi terjadi.

Ramp Check Angkutan Lebaran 2024, Dishub Tangerang: Bus Pakai Klakson Telolet Tak Laik Jalan

"Paradigma mendapatkan uang dari jembatan timbang ini akan kita lupakan. Maka pemerintah pusat akan mensubsidi kegiatan itu, " kata Budi di Semarang, Rabu 22 Februari 2017.

Budi mengakui, selama ini jembatan timbang masih menjadi ladang empuk petugas yang mengelola kegiatan tersebut. Maka langkah kongkret menangkal itu dengan sebuah Peraturan Menteri Perhubungan terkait subsidi yang diberikan.

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

"Kalau ini (jembatan timbang) jadi APBD yang paling besar itu, salah. Karena costnya lebih tinggi dari itu. Yang masuk kantong mungkin gede. Jadi di level bawah pegawai jembatan timbang merupakan profesi favorit. Ini profesi yang mesti kita hilangkan. Jadi kita enggak ngomong lagi Jateng, Jabar, Jatim dapat duit dari ini, " tutur dia.

Terkait pengelolaan jembatan timbang, Budi mengapresiasi langkah Gubernur Jawa Timur, Sukarwo yang telah berkomitmen menyerahkan jembatan timbang di wilayahnya ke pemerintah pusat. 

Jokowi Resmikan Bandara SIS Al-Jufri dan Tiga Bandara di Sulawesi

"Satu tempat yang paling berhasil itu Jawa Timur. Pak Karwo ngomong ke saya ambil saja (jembatan timbang), " ujarnya.  Ia mengimbau kepada tiap kepala daerah agar taati peraturan tersebut sekaligus mengubah paradigma bahwa jembatan timbang sebagai lumbung uang.

Sebab pengelolaan jembatan timbang yang baik berdampak signifikan terhadap perawatan jalan Pantura yang kerap rusak akibat tak terkendalinya truk bertonase besar. (ren)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Resmikan Pelabuhan Wani Sulawesi Tengah

Jokowi Senang Pelabuhan Wani dan Pantoloan Berdiri Kokoh Lagi Usai Diguncang Tsunami Palu 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu, Kabupaten Donggala, Sulawesi

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024