Ruas Tol Kuala Tanjung-Parapat Butuh Dana Rp13,45 Triliun

Ilustrasi/Pembangunan di sektor infrastruktur.
Sumber :
  • REUTERS/Lucky R./Antara Foto

VIVA.co.id – Badan Pengatur Jalan Tol dan Badan Usaha Jalan Tol menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol, atau PPJT, untuk salah satu ruas Tol Trans Sumatera, yakni Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, yang berada di Provinsi Sumatera Utara.

Bakrie & Brothers Pasok Box Girder untuk Proyek LRT dan Jalan Tol

Usai penandatanganan PPJT yang dilakukan di kantor Kemenko Perekonomian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas tol dengan panjang 143,25 kilometer itu akan digarap oleh PT Hutama Karya. Dengan dibantu dua kontraktor BUMN lainnya, yakni PT Waskita Toll Road dan PT Jasa Marga Tbk.

"Untuk ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat itu nilai investasinya mencapai Rp13,45 triliun. Kalau untuk nilai konstruksinya sendiri mencapai Rp9,55 triliun," kata Basuki di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu 22 Februari 2017.

Menhub Sebut Jalur Yogya-Solo Butuh Jalan Baru

Basuki menekankan, ruas tol ini akan menyambungkan konektivitas Pelabuhan Kuala Tanjung dan Bandara Kualanamu Medan. Sebagai akses pendukung untuk mempermudah jangkauan para wisatawan ke destinasi wisata Danau Toba.

"Nanti, ketiga BUMN itu akan joint venture dengan porsi Hutama Karya 40 persen, dan Waskita Toll Road, serta Jasa Marga masing-masing 30 persen. Biar permodalannya juga bisa lebih baik," kata Basuki.

Alami Bahaya di Jalan, Jangan Langsung Banting Setir

Basuki berharap, dengan pembentukan anak usaha dari ketiga BUMN konstruksi itu, nantinya pengerjaan ruas tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat akan bisa lebih dikebut. Sebab, ruas tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat ini merupakan salah satu bagian dari Proyek Strategis Nasional.

"Karena, sebenarnya ruas ini juga akan masuk ke dalam revisi Perpres Nomor 3/2016, tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional, sehingga nantinya akan lebih lancar dan pasti pengerjaannya," ujar Basuki. (asp)

Kendaraan pemudik melintasi jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat

Bakal Ada yang Baru di Jalan Tol Cipali, Sudah Tahu?

Jalan tol Cipali akan dilengkapi akses tambahan untuk menuju Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2020