Diisukan Jadi Dirut Baru Pertamina, Ini Respons Sofyan Basir

Dirut PLN, Sofyan Basir.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Setelah pencopotan Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama PT Pertamina oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara, ada beberapa nama yang santer diisukan bakal mengisi kekosongan posisi tersebut. Salah satunya adalah Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara, Sofyan Basir. 

KPK Isyaratkan Menyerah Lawan Sofyan Basir

Menanggapi isu itu dia tidak membantah. Tapi, Sofyan Basir tak mau berkomentar serius. Ia mengatakan hal itu diserahkannya kepada pemerintah yaitu Kementerian BUMN.

"Bukan urusan saya. Masa, abis jual listrik, jadi jual minyak," seloroh Sofyan di Jakarta, Rabu 22 Februari 2017. 

KPK Pelajari Putusan MA Tolak Kasasi Atas Bebasnya Sofyan Basir

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebelumnya beredar nama lain selain nama Sofyan, diantaranya Syamsu Alam yang merupakan Direktur Hulu Pertamina, Yeni Andayani, yang saat ini menjabat Plt Dirut Pertamina, Rachmad Hardadi, Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia, dan mantan Wadirut Pertamina Ahmad Bambang. Selain itu juga ada isu yaitu Staf Ahli Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Satya Widya Yudha mengatakan, jika dirinya belum tahu akan isu tersebut. "Wah saya malah belum tahu soal itu," kata Satya. 

MA Tolak Kasasi KPK Atas Vonis Bebas Sofyan Basir

Ia hanya mengatakan, pemimpin baru, seharusnya yang betul-betul memahami Pertamina. Kinerja Pertamina, lanjut Satya, diukur dengan sumbangsih dan kontribusinya kepada negara.

"Jadi nanti tidak ada lagi kata transisi di dalam kepemimpinan yang ada di Pertamina, harus orang yang siap betul di dalam industri (migas) itu," kata dia. (ren)
 

Hoax gara-gara HTI Pertamina rugi Rp11 Triliun

Gara-gara HTI Pertamina Rugi Rp11 Triliun, Cek Faktanya

Pertamina mengalami kerugian Rp11 triliun. Benarkah gara-gara HTI?

img_title
VIVA.co.id
2 September 2020