Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dimulai Bulan Depan

Groundbreaking pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Cikalong Wetan, Bandung Barat, beberapa waktu silam.
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id – Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Hanggoro Budi Wiryawan menyatakan, kontruksi tahap pertama pengerjaan kereta cepat rute Jakarta Bandung mulai dijalankan Maret 2017 dengan hasil pembebasan lahan mencapai 60 persen.

Ini Alasan Indonesia Pilih China dalam Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Hanggoro menjelaskan, 60 persen lahan yang dibebaskan merupakan jalur kereta cepat dan sebagian besar merupakan lahan di Kabupaten Purwakarta dan Bandung Barat.

Menurutnya, pada tahap pertama, pengerjaan akan dijalankan sepanjang 26 kilometer secara parsial. "Kami persiapan untuk memulai pekerjaan bulan depan. Walini, kemudian ada beberapa lokasi lain," kata Hanggoro di Gedung Pakuan Bandung Jawa Barat, Rabu 22 Februari 2017.

Mengenal 'Tukang Las Asing' Kereta Cepat yang Sempat Bikin Heboh

KCIC menargetkan sisa lahan yang dibutuhkan bisa dituntaskan tahun ini. Salah satu yang menjadi perhatian, lahan milik TNI AU di Bandara Halim Perdanakusuma yang saat ini masih menempuh tahap negosiasi kerja sama.

Pengerjaan proyek dan pembebasan lahan dijalankan berdasarkan Undang Undang RI nomor 2/2012 tentang pengadaan tanah untuk kepentingan umum, kemudian pekerjaan sipil.

Kereta Cepat Akan Terhubung dengan LRT Jabodebek dan Transjakarta

Mengenai kebutuhan dana kontruksi, masih menempuh tahap finalisasi peminjaman. "Belum bisa berikan angka karena masih proses pembahasan. Jangan sampai nanti mengganggu proses pembahasan," katanya.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Peluncuran dan Pembukaan

Proyek KA Cepat Whoosh Bengkak Rp 18 Triliun, Pemerintah Masih Nego Bunga Utang

Kementerian BUMN masih terus melakukan negosiasi terhadap bunga utang pinjaman pihak China atas membengkaknya biaya proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2023