Bergeser 53 Cm, Begini Kondisi Terkini Jembatan Cisomang

Perbaikan Jembatan Cisomang
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Jembatan Cisomang di Jalan Tol Purbaleunyi kilometer 100+700, mengalami pergeseran mencapai 53 sentimeter. Pergeseran terjadi, akibat adanya pergerakan tanah di beberapa kaki pilar.

Perbaikan Jembatan Cisomang Telan Dana Rp135 Miliar

Upaya perbaikan dilakukan oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Pengawas Jalan Tol, dan pihak pengelola, PT Jasa Marga Tbk.

Ketua Tim Jasa Marga untuk perbaikan Jembatan Cisomang, Silvester Aryan Widodo mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah perbaikan. Berdasarkan hasil perbaikan itu, maka bus dengan muatan di bawah 15 ton diperbolehkan lewat.

Batas Beban Kendaraan yang Boleh Lewat Jembatan Cisomang

"Kondisinya untuk perbaikan seluruhnya diharapkan selesai Maret. Sekarang memang 45 persen. Jadi, kemarin sudah dilakukan rapat dengan komite keselamatan jalan dan jembatan, jadi ini sudah layak dilewati bus," kata Aryan di lokasi, di Tol Purbaleunyi, Jawa Barat, Kamis 23 Februari 2017.

Ia mengatakan, jika perbaikan telah selesai pada akhir Maret sesuai target, kendaraan seperti truk besar sudah bisa melewati jalan tersebut, Meski demikian, pihaknya akan terus memantau dengan robotic global station (pemantau pergeseran), dan segera memberikan peringatan kepada pengguna jalan jika ada potensi membahayakan.

Mulai 1 April Semua Kendaraan Bisa Lewat Jembatan Cisomang

"Kalau bus, kan enggak begitu sering, jadi enggak apa-apa, per jam kira-kira 100 bus, sehari itu 1.000 bus. Jadi, sementara untuk bus dulu, lalu di bulan April baru semuanya bisa lewat," ujar dia.

Pembukaan resmi jembatan Cisomang ini juga disaksikan oleh pihak Koordinator Lalu Lintas Mabes Polri, dan beberapa pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (asp)

Perbaikan jembatan Cisomang

Mulai Hari Ini, Cisomang Bisa Dilalui Semua Kendaraan

Kecuali kendaraan kelebihan beban.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2017