Maret, Pertamina Bakal Punya Dirut Baru

Seorang pekerja melintas di depan tong minyak di depo Pertamina.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Kursi kepemimpinan Direktur Utama PT Pertamina sampai saat ini masih kosong. Sejumlah nama-nama besar santer dikabarkan bakal segera mengisi kursi utama di Badan Usaha Milik Negara sektor minyak dan gas tersebut.

Jadi Top 5 Perusahaan TIC di Asia Pasifik, IDSurvey Tetapkan Visi Top 20 Global

Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan, dalam beberapa hari ke depan, para dewan komisaris beserta para pemegang saham perusahaan pelat merah itu segera menentukan siapa yang akan menduduki bos definitif di PT Pertamina. 

“Sabar ya. Permulaan bulan (Maret), Insya Allah (sudah ditentukan). Itu nanti keputusan ada di bapak (Presiden),” kata Rini, saat ditemui di kawasan Cibubur, Jakarta, Kamis 23 Februari 2017.

Kementerian Ajak Pegawai BUMN 'Curhat' Demi Jaga Kesehatan Mental

Namun, Rini enggan membeberkan secara rinci, siapa yang akan menduduki pucuk kepemimpinan di BUMN sektor energi tersebut. Ketika dikonfirmasi mengenai adanya nama Sofyan Basir, mantan Menteri Perindustrian itu menolak mengomentari. “Saya tidak ada komen mengenai calon. Nanti saja,” katanya singkat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, nama Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara Sofyan Basir dikabarkan bakal duduk di kursi nomor satu PT Pertamina. Namun, Sofyan justru membantah kabar tersebut mentah-mentah.

Erick Thohir Rombak Jajaran Petinggi Pelindo, Agus Suhartono Masuk Jajaran Komisaris

“Bukan urusan saya. Masa, abis jual listrik jadi jual minyak,” kata Sofyan.

Selain eks bos PT Bank Rakyat Indonesia itu, nama Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam, Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia Rachmad Hardadi, sampai dengan Staf Ahli Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin dikabarkan akan menduduki posisi tersebut. (asp)

Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata (kiri) saat menyerahkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham pengangkatan Nawal Nely (kanan) sebagai Komisaris PLN.

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Erick Thohir Rombak Jajaran Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024