Selain Trans Papua, Pemerintah Buka Jalan Pantai Utara Papua

Ilustrasi proyek pembangunan jalan nasional
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan segera membuka jalan baru di pantai utara Provinsi Papua, yang menghubungkan Kabupaten Nabire dan Kabupaten Waropen.

Ratusan Kendaraan Terjebak di Jalan Trans-Papua Ruas Jayapura-Wamena sejak Desember 2022

Jalan baru itu akan membentang mulai dari batas Kota Nabire-Kimibay-Legari sepanjang 47,66 kilometer, dan ruas jalan strategis Legari-Botawa-Gesa sepanjang 411,94 kilometer.

"Jalan itu tidak termasuk dalam ruas Trans Papua. Tapi sangat strategis untuk menurunkan ongkos logistik barang dan jasa, dan menghubungkan antar distrik yang dibutuhkan masyarakat," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam keterangan tertulis, Jumat 24 Februari 2017.

6 Korban Kerusuhan Dogiyai Papua Ditemukan, Satu Jadi Mayat

Basuki menjelaskan, sebelum jalan itu dibuka, masyarakat hanya bisa mengandalkan transportasi laut dan udara. Tapi saat periode air pasang yang biasanya terjadi di bulan Desember, masyarakat kerap enggan untuk menyeberang sehingga menyebabkan harga kebutuhan ikut menjadi tinggi.

Sampai saat ini, jalan yang sudah tersambung dari Kabupaten Nabire sampai Legari total sudah mencapai panjang sekitar 80 kilometer.

Jasad 4 Korban Serangan KKB Disemayamkan di RS Polda Papua Barat

"Tahun ini Kementerian PUPR melalui BBPJN XVIII Papua akan menambah tiga kilometer jalan di ruas Nabire-Kimibay-Legari, termasuk pembangunan jembatan dengan panjang bentang 80 meter yang melintasi Sungai Legari. Anggarannya Rp15 miliar," ujarnya.

Diketahui, dalam jarak 411,94 kilometer dari Legari sampai Gesa (Kab. Memberamo), telah terbuka ruas jalan sepanjang 77,99 kilometer, dimana tujuh kilometernya sudah dalam kondisi beraspal.

VIVA Militer: Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 310/KK gelar sweeping di Trans Papua

Prajurit Kidang Kencana Siliwangi Sweeping Jalur Trans Papua, Ada Apa?

Sweeping melibatkan prajurit Koramil Senggi dan anggota Polsek Senggi, Keerom, Papua

img_title
VIVA.co.id
14 Agustus 2023