Ada 27 Penerbangan Kedatangan Rombongan Raja Salman

Presiden Direktur PT JAS, Aji Gunawan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA.co.id – Rencana kedatangan rombongan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Azis al-Saud ke Jakarta pada 1-9 Maret 2017, akan menjadi catatan sejarah. Ini kunjungan pertama Raja Saudi sejak kunjungan terakhir Raja Faisal ke Indonesia 47 tahun silam.

Raja Salman Sukses Jalani Operasi Kantung Empedu

Terlebih, sang Raja juga akan mengikutsertakan sejumlah jajaran menteri beserta 25 orang pangeran, yang total keseluruhan rombongannya mencapai sekitar 1.500 orang.

Maskapai resmi kerajaan Saudi Arabia Airlines pun telah menunjuk PT Jasa Angkasa Semesta (PT JAS), untuk menjadi penyedia pelayanan penunjang penerbangan (ground handling) bagi lawatan besar dari Kerajaan Arab Saudi tersebut.

Ini Kelemahan Sedan Mercy Eks Rombongan Raja Salman

"Kami berkomitmen untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam kunjungan Raja Salman ini. Pihak Saudi Arabia Airlines pun telah berkoordinasi dengan kami, untuk menangani semua pesawat kerajaan Saudi Arabia yang beberapa di antaranya sudah datang sejak 28 Januari kemarin," kata Presiden Direktur PT JAS, Aji Gunawan, di kantornya, kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat 24 Februari.

Aji menjelaskan, ada sekitar tujuh pesawat yang akan turut serta dalam rombongan tersebut, yang terdiri dari enam jenis pesawat seperti tipe B777, B744, B747F, B73G, B757 dan Gulfstream.

Mau Beli Mercy Bekas Rombongan Raja Salman, Ini Harganya

"Karena, total jumlah rombongan mencapai hampir 1.500 orang, maka total jumlah penerbangan untuk kunjungan ke Jakarta itu ada 27 penerbangan, dan sembilan penerbangan ke Denpasar setelah kunjungan ke Jakarta," ujarnya.

Aji mengakui, pihaknya belum menerima konfirmasi mengenai jam kedatangan pesawat rombongan kerajaan pada 1 Maret tersebut. Namun, persiapan terkait mekanisme ground handling-nya akan mulai dilakukan sejak 28 Februari 2017.

Ketika ditanya apakah ada permintaan khusus dari pihak Saudi Arabia Airlines, Aji menjelaskan bahwa untuk kepengurusan pesawat mereka memang telah memesan sejumlah hal.

"Misalnya, kalau untuk standar pesawat kerajaan mereka itu per satu pesawatnya mereka minta dua grand power unit. Nah, ini yang kita sedang koordinasikan lagi kepada mereka," ujarnya.

Diketahui, estimasi total tonase kargo milik rombongan kerajaan, yang akan ditangani oleh PT JAS, mencapai sekitar 63 ton. Isinya terdiri dari sejumlah hal, termasuk food and beverage, office tools, furniture, x-ray machine, dan lain sebagainya.

Selain itu, pihak Kerajaan Arab Saudi juga akan membawa dua unit Mercedes Benz S600, serta satu unit electric escalator untuk masing-masing kunjungannya ke Jakarta dan Denpasar tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya