2016, Laba Bersih Maybank Naik

Kantor Maybank
Sumber :
  • http://tyo.ca

VIVA.co.id – Maybank mengumumkan laba meningkat signifikan pada kuartal empat 2016 sebesar Ringgit Malaysia 2,36 miliar.

Maybank Syariah Gandeng ISYEF Genjot Kewirausahaan dari Masjid

Peningkatan itu didukung pinjaman dan pendapatan fee yang kuat, serta didukung pengelolaan biaya secara disiplin yang menyebabkan biaya overhead naik tipis.  Selain itu, laba juga meningkat sehubungan penjualan surat berharga dalam periode tersebut. 

Chairman Maybank Group, Tan Sri Megat Zaharuddin Megat Mohd Nor menyatakan bahwa pencapaian kinerja Maybank Group memperlihatkan kekuatan dan ketahanan Maybank Group di tengah iklim operasional yang penuh tantangan sehubungan melemahnya harga komoditas dan dinamika politik yang terjadi.

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

“Saya gembira lini bisnis yang beraneka ragam dan jaringan yang kami miliki dapat terus bertumbuh dan memberikan nilai tambah bagi stakeholders,” kata Tan Sri Megat dalam keterangan tertulisnya, Minggu 26 Februari 2017.

Ia mengakui, menghadapi tahun yang penuh ketidak pastian, pihaknya terus berkomitmen untuk mendukung para nasabah dalam menghadapi kondisi tersebut, dan pada saat yang sama terus menjaring peluang  pertumbuhan, khususnya di bidang infrastruktur yang diharapkan dapat menjadi pendorong utama ekonomi regional.

Laba Bersih BTN 2021 Naik 48,3 Persen, NPL Turun

Adapun laba bersih full year 2016 naik 43 persen dari RM1,65 miliar tahun sebelumnya, laba sebelum pajak (PBT) naik menjadi RM2,87 miliar dari RM2,38 miliar tahun lalu. Bahkan setelah normalisasi one off items, laba bersih Maybank Group tetap lebih tinggi 15,9 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Pendapatan operasional bersih dalam kuartal empat naik 8,1 persen sehubungan pendapatan non bunga (fee based income) meningkat 14% dan pendapatan bunga (fund based income) naik 5,2 persen  didukung pembiayaan korporasi di seluruh pasar utama Maybank Group, serta kekuatan perbankan konsumer di regional.

Selama tahun 2016, Maybank Group mencatat perolehan pendapatan operasional bersih tertinggi sebesar RM22,26 miliar, naik secara tahunan sebesar 4,8 persen didukung meningkatnya net fund based income sebesar 5,2 persen dan net fee based income sebesar empat persen.

Pre-provisioning operating profit (PPOP) mencapai  RM11,69 miliar, naik 6,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya, didukung oleh pertumbuhan yang kuat di semua sektor bisnis Maybank Group, terutama Maybank Indonesia.

President & CEO Maybank Group, Datuk Abdul Farid Alias menyatakan Maybank terus dapat membukukan keuntungan sehubungan langkah kehati-hatian yang ditempuh tahun lalu dalam mengelola kualitas aset dengan lebih baik, dan menyediakan buffer tambahan dalam mengantisipasi kemungkinan terburuk.

”Meskipun kita mencatat sedikit kenaikan pada kuartal keempat 2016, tetapi kami tetap telah memilih untuk melakukan pendekatan yang lebih berhati-hati dalam melakukan penjadwalan ulang dan merestrukturisasi portofolio yang mungkin akan mengalami tekanan dalam jangka menengah, memperhatikan iklim yang penuh tantangan di depan,” kata Datuk Farid. 

Selama setahun, Maybank Group mengalami pertumbuhan kredit bruto sebesar 5,7 persen didukung peningkatan operasional Indonesia sebesar 8,7 persen, 6,3 persen di Malaysia dan 4,5 persen di Singapura- seluruhnya melampui target tahunan yang ditetapkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya