Tips Desain Ruang Cuci Minimalis di Rumah

Ruangan cuci pakaian
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Menurut kebanyakan orang ruang cuci dan setrika menjadi salah satu ruang yang wajib ada di setiap rumah, karena dapat menampilkan kesan rapi dalam sebuah rumah. Jika ruangan Anda sangat terbatas jangan khawatir, hanya dengan memiliki ukuran ruangan 2x2 saja Anda sudah bisa memiliki ruangan tersebut.

Cara Efektif Simpan Barang di Dapur

Coba perhatian beberapa tips dari Rumahku.com berikut ini:

1. Menata ruangan berbentuk L

Punya Kendaraan Tapi Tak Ada Garasi, Ini Solusinya

Bagi ruangan berbentuk persegi panjang, sangat sesuai apabila Anda menata perabot atau peralatan mesin cuci yang dibutuhkan dengan membentuk huruf L. Pada salah satu sisinya Anda bisa menyandingkan mesin cuci dengan wastafel.

Di sini wastafel berfungsi untuk menyikat kotoran yang susah dibersihkan. Selain itu juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mencuci tangan.

Barang-Barang yang Wajib Ada di Rumah Minimalis

Sementara itu pada sisi lainnya Anda bisa meletakkan lemari, keranjang pakaian, serta tempat untuk menyetrika pakaian. Jika Anda membutuhkan ruangan yang lebih besar maksimalkan tempat tersebut dengan menambahkan lemari gantung.

2. Tempat setrika

Dengan lahan yang sempit tentu saja dibutuhkan inspirasi agar dapat memaksimalkan tempat. Pada tempat setrika Anda bisa menggunakan meja sertika lipat, yang bisa disimpan di sela sela lemari setelah digunakan. Selain itu Anda juga bisa mencoba mendesain meja sertika, yang sekaligus menempel pada lemari agar lebih praktis.

3. Gunakan tirai penutup ruangan

Anda bisa memakai tirai yang dipasangkan untuk menutup ruang cuci, dan setrika agar terlihat rapi pada saat tidak sedang digunakan.

4. Pilih lokasi yang tepat

Pada beberapa rumah yang memiliki bangunan dengan luas di atas 200 meter persegi ruangan cuci ini biasa diletakkan dekat dengan garasi, agar suara bising mesin cuci tidak terlalu mengganggu. Namun bagi rumah dengan ukuran lebih kecil ruangan ini biasanya terletak dekat dengan dapur, agar mudah pada saat akan menjemur pakaian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya