LIPI : Soeharto Dulu Gunakan Freeport Sebagai Alat Politik

Unjuk Rasa HMI Bongkar Skandal Freeport
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menguak alasan sejajarnya posisi PT Freeport Indonesia dengan pemerintah dalam kontrak karya. Berdasarkan sejarahnya, Freeport mendapatkan semacam hak eksklusivitas dalam klausul kontrak karya.

Freeport Didesak Transparan soal Pembayaran Pajak

Sejarahwan LIPI, Suharsono mengatakan, Presiden kedua RI, Soeharto, dahulu memberikan eksklusivitas kepada Freeport bukan tanpa alasan. Ia mengatakan Freeport digunakan sebagai alat politik oleh Soeharto di kancah internasional.

"Soeharto itu sebenarnya menggunakan Freeport ini bukan untuk bisnis, tapi menopang sisi politisnya di internasional seperti di PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)," kata Suharsono dalam diskusi "Jangan Tunda Lagi Divestasi 51 Persen Saham dan Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia", di Morrissey Hotel, Jakarta, Senin 27 Februari 2017.

Freeport Keenakan Nikmati Fasilitas di Indonesia

Hal itu, lanjut dia, dapat dilihat pada saat pertama kali Freeport mendapatkan kontrak pada 1967. Di 1965, Presiden Soeharto membatalkan Undang-Undang Penanaman Modal Asing, sehingga PT Freeport dapat masuk sebagai perusahaan asing pertama di Indonesia. "Freeport pada masa itu merasa eksklusif," ujar dia.

Seiring perubahan Orde Lama ke Orde Baru, Suharsono mengatakan, eksklusivitas dari PT Freeport mulai bergeser. Namun untuk betul-betul menjadikan Freeport berada di bawah kekuasaan pemerintah membutuhkan waktu dan proses.

Persipura Resmi Ramaikan Kompetisi Liga 1

"Mungkin ini perlu waktu, karena sudah berpolitik, Freeportnya bisa seperti itu. Politik itu dasar sebenarnya ekonomi, kalau ekonomi kacau, itu bisa jadi alat politik, makanya kita harus mengawal. kalau kita menjadikan Republik ini sebagai negara yang sebenarnya, hal-hal yang darurat seperti ini harus ditegaskan," kata dia.

Tambang Grasberg Freeport Indonesia di Papua.

Freeport Ditantang Cari Iklim Investasi Lebih Baik dari RI

Freeport harus tentukan ini, karena pilihan yang harus diikuti.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2017