Ada Sentimen Positif, Rupiah Bisa Menguat Rabu ini

Mata uang rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Meski secara tren perdagangan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat belum dapat keluar dari pola gerak mendatar, namun terdapat sentimen positif yang dapat mendorong rupiah untuk masuk ke zona hijau.

Rupiah Ambruk Pagi ini ke Rp 15.841 per Dolar AS

Analis PT Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada, mengungkapkan angin segar yang berasal dari positifnya data-data ekonomi makro dari dalam negeri diprediksi mampu mendukung rupiah untuk kembali mengalami penguatan.

"Mulai adanya penguatan yang didukung sentimen yang ada dapat berimbas positif pada keberlanjutan penguatan nilai tukar rupiah. Kami harapkan laju rupiah dapat kembali menguat serta didukung oleh positifnya rilis data-data makro baik dari internal maupun eksternal,” ujar Reza di Jakarta, Rabu 1 Maret 2017.

Bank Indonesia Proyeksi Dolar AS Bakal Anjlok di Semester II-2024

Reza melanjutkan, jika melihat pada pola pergerakan kemarin, laju rupiah bergerak bervariatif sepanjang intraday perdagangan, seiring respons pelaku pasar terhadap pemberitaan yang ada. 

"Jelang awal bulan, pelaku pasar biasanya cenderung menahan diri untuk mengantisipasi rilis data-data ekonomi yang diperkirakan akan kurang baik namun, untuk kali ini tampaknya sikap pelaku pasar tidak terlalu bersikap negatif," tuturnya.

Rupiah Menguat Pagi Ini, tapi Berpotensi Balik Melemah

Reza memproyeksikan terdapat kemungkinan rilis inflasi yang akan diperkirakan membaik dari sebelumnya, sehingga tidak akan sampai menekan rupiah. 

Di sisi lain, lanjutnya, jelang pidato Presiden AS, Donald Trump, di Kongres pagi ini tampaknya menguatkan laju dolar, di mana pelaku pasar berharap akan adanya progress pernyataan yang akan disampaikan untuk pemulihan ekonomi AS. 

"Meski laju dolar menguat namun, tidak menghalangi kenaikan Rupiah," tuturnya.

Namun dia mengingatkan sebaiknya investor tetap mencermati berbagai sentimen yang dapat berpengaruh pada berubahnya rupiah.

"Diperkirakan Rupiah akan bergerak dengan kisaran Rp13.380 hingga Rp13.296 per dolar AS," ujar Reza. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya