Empat Momen yang Tepat Untuk Berhemat

Belajar menghemat uang
Sumber :

VIVA.co.id – Banyak momen dalam hidup yang membuat kita harus merogoh kocek dalam-dalam. Momen-momen itu tak terhindarkan karena memang berkaitan dengan kebutuhan untuk hidup. 

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Namun, sebagai manusia kita harus bertambah bijak agar dapat siap menghadapi momen tersebut. Berikut ini 4 contoh saat yang sering membuat kita boros dan cara mencegahnya. 

Yuk, simak artikel yang dikutip dari CekAja.com ini hingga tuntas agar uang kita tidak terbuang dengan percuma.

Antisipasi Penipuan! 10 Tips Aman Belanja Online Menjelang Lebaran 

1. Saat belanja pakaian

Saat sedang berburu pakaian baru, yang harus Anda utamakan adalah kualitas dan bukan sekadar mode. Alasannya, pakaian yang Anda beli tidak akan bertahan lama. 

Gudang Penyimpanan Paket di Cengkareng Kebakaran, Lazada Klaim Pengiriman Tak Terganggu

Nah, untuk menilai kualitas suatu barang, pegang kain di bawah cahaya yang terang. Contohnya, saat kalian kaum perempuan membeli blus sutra. Coba terawang bahan kain pada cahaya yang kuat. 

Rumusnya gampang, semakin tebal kain, berarti semakin tinggi kualitasnya. Selanjutnya, coba remas kain hingga menjadi bola dalam kepalan tangan kemudian tahan selama beberapa detik dan lepaskan. Bila kain tidak dapat bertahan dalam kondisi kusut selama beberapa beberapa detik kemungkinan besar pakaian tersebut tidak akan awet.

2. Saat belanja kebutuhan dapur

Saat berbelanja kebutuhan dapur bisa sangat menjebak. Kadang, karena sangat semangat untuk berhemat dengan memasak sendiri makanan, kita belanja bahan baku dapur melampaui kebutuhan. 

Melihat wortel dengan warna oranye cerah, Anda langsung membeli hingga setengah kilo. 
Begitu juga ketika melihat bayam hijau segar, Anda memborong sekaligus beberapa ikat. Padahal, Anda hanya tinggal berdua dengan suami. 

Artinya, kebutuhan Anda tidak banyak. Bahan makanan sisa pun menumpuk di kulkas dan akhirnya membusuk.

3. Saat gemar bersosial media

Bila Anda termasuk orang yang aktif bersosial media, sebenarnya banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari kegemaran tersebut. Salah satunya berkaitan dengan penghematan dalam berbelanja. 

Contohnya, Manfaatkan hashtag untuk mencari promo. Asal Anda tahu saja, selain berguna untuk mengkurasi konten di sosial media, hashtag dapat membantu mencari sesuatu. 

Bila Anda ingin belanja atau traveling, misalnya, coba manfaatkan hashtag untuk mencari berbagai macam promo. Ketik saja hashtag #promo atau #diskon. Siapa tahu ada promo yang bermanfaat untuk menghemat pengeluaran Anda.

4. Saat akhir pekan

Akhir pekan merupakan momen yang seringkali membuat orang menghabiskan uang. Nah, ketika momen ini tiba, Anda harus kreatif agar bisa hemat. Contohnya, dibanding pergi ke mall atau bioskop, ada baiknya piknik ke hutan atau taman kota. 

Di sana, Anda juga bisa kok melihat pemandangan yang menyegarkan mata dan pikiran. Tidak perlu ke luar kota, cukup datangi taman atau hutan kota di sekitar Anda. Berkunjung ke tempat-tempat tersebut dijamin tidak menguras kantong. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya