Selain Cilacap, Arab Bidik Kerja Sama di Kilang RI Lainnya

Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Wamen ESDM Arcandra Tahar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengapresiasi penandatanganan Memorandum of Understanding, atau nota kesepahaman untuk investasi kilang Cilacap. Proyek tersebut, merupakan kerja sama antara Saudi Arabian Oil Co (Saudi Aramco) dan PT Pertamina. 

Sambangi Indonesia, Menlu Saudi akan Bahas Politik hingga Investasi

Mantan Menteri Perhubungan ini mengatakan, kerja sama Arab Saudi dengan Indonesia, tak hanya berhenti sampai situ. Meskipun diketahui, dari 11 MoU yang ditandatangani kemarin, di antaranya juga dilakukan penandatanganan investasi antarBUMN, yaitu Saudi Aramco dengan Pertamina telah disepakati investasi mencapai US$6 miliar. 

"Sudah ada satu kerja sama antara Saudi Aramco dengan Pertamina untuk pengembangan refinery di Cilacap nilainya mungkin 5,5-6 miliar," kata Jonan, ditemui usai membuka dialog energi di JS Luwansa Jakarta, Kamis 2 Maret 2017. 

Dua Sektor Ini Dongkrak Kenaikan IHSG

Meskipun diketahui, investasi Saudi Aramco di Malaysia lebih besar, yaitu dalam pembangunan kilang minyak Petronas sebesar US$7 miliar di proyek Refinery and Petrochemical Integrated Development (RAPID) di Pengerang, Johor.

Jonan tak mau mengakui investasi itu lebih besar, lantaran masih banyak kerja sama dengan pihak Arab Saudi yang akan ditandatangani kedepannya. "(Investasi di Malaysia lebih besar) enggak juga. Saya kira enggak," ujar Jonan. 

Rincian Perjanjian Ekonomi Antara Indonesia dan Arab Saudi

Ke depannya, kata Jonan, pemerintah meyakini akan ada investasi yang lebih besar dari Arab Saudi di proyek kilang di Indonesia. Mulai dari Refinery Development Masterplan Program (RDMP) Dumai, Balongan dan Bontang. 

"Yang Balongan sedang dibicarakan," tutur Jonan. (asp)

Presiden Joko Widodo kunjungan ke UEA.

Jokowi ke UEA, Ini Sederet Perjanjian Bisnis yang Dikantongi BUMN 

Nilai investasi yang diraih dari UEA mencapai Rp314,9 triliun.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2020