Mendag Enggar: Pedagang Boleh Untung, tapi yang Wajar

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito saat meninjau suatu pasar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Romys Binekasri

VIVA.co.id – Kementerian Keuangan dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha hari ini menandatangani nota kesepahaman tentang Kerja Sama Pengaturan, Pengawasan, Penegakan Hukum, Peningkatan Kepatuhan di bidang Perpajakan, dan Persaingan Usaha.

Mendag Nilai Sinergi Offline Online Bikin Jualan Lebih Untung

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan, komitmen antara kedua belah pihak sama sekali tidak memiliki tujuan untuk membuat para pengusaha merugi. Melainkan, hanya membatasi keuntungan yang selama ini didapatkan dengan cara tak terpuji.

"Kami tidak pernah mau begitu. Hanya untungnya saja dibatasi. Mereka boleh dapat untung, sejauh keuntungannya wajar," kata Enggar, Jakarta, Kamis 2 Maret 2017.

Balas Uni Eropa, Mendag Ajak Importir Cari Produk Susu di Negara Lain

Enggar mengaku telah menginstruksikan seluruh feedloter untuk menyampaikan harga pokok acuannya, untuk memetakan apa saja masalah yang membuat sejumlah harga komoditas pangan melonjak. Hasilnya, data-data tersebut nantinya akan dikirimkan kepada pemangku kepentingan terkait.

“Sudah capek. Kami sudah bicara baik-baik, dan kami sudah minta. Sudah, cukup sudah. Keuntungan yang berlebihan itu sudah tidak lagi waktunya. Jadi, tidak ada lagi dusta di antara kita,” katanya.

RI Kirim Nota Keberatan ke WTO Soal Bea Masuk Impor Biodesel Uni Eropa

Melalui kerja sama yang nantinya akan mencakup sektor perdagangan dan perpajakan tersebut, Enggar meminta para pengusaha, maupun para importir segera menyesuaikan diri. Terutama, bagi para pengusaha yang selama bersekongkol dalam mengatur harga komoditas pangan strategis.

“Kami sudah komunikasikan dengan Ketua KPPU (Syarkawi Rauf) untuk diteliti dan diselidiki, dan dikenakan denda paling tinggi,” tegasnya. (asp)

Mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Klarifikasi Menteri Perdagangan soal Pelarangan Minyak Curah

Menteri Enggar sebut tidak ada penarikan minyak curah.

img_title
VIVA.co.id
8 Oktober 2019