Cara Bikin Adem Rumah Tanpa AC

Ilustrasi rumah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R. Rekotomo

VIVA.co.id – Memiliki rumah yang sejuk, tentu saja sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, jika cuaca di luar sedang terik, tentu saja membuat hawa panas yang terasa sangat membakar kulit. 

Viral Penampakan Rumah Unik Anti Maling, Dari Luar Gubuk Kayu tapi Dalamnya Mewah Bak Hotel

Namun, banyak orang yang memilih cara yang kurang efisien, yaitu dengan membeli perangkat AC untuk memberikan suasana yang sejuk di dalam rumah mereka. 

Hal ini terasa kurang tepat, terlebih jika Anda sedang ingin menghemat pengeluaran belanja bulanan di dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

PIK Siapkan Kawasan Pusat Gaya Hidup Ramah Lingkungan Usai Pandemi

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini ada beberapa solusi yang bisa Anda gunakan, agar tetap dapat menghadirkan suasana yang sejuk sekaligus lebih ekonomis.  Berikut, ulasan dari Rumahku.com :

1. Cari di mana sumber panas

Desain Compact House, Solusi Rumah Sempit Tapi Tetap Estetik

Anda bisa mengawasi berbagai macam perangkat elektronik yang berada di dalam rumah. Biasanya, berbagai peralatan elektronik ini akan mengeluarkan suhu panas saat dioperasikan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan, ialah mematikan perangkat yang tidak digunakan dalam waktu tertentu.

Contohnya saja, jika Anda menggunakan televisi di kamar. Saat Anda terlelap tidur, lebih baik matikan televisi Anda. Televisi yang menyala akan memberikan suplai panas. Jadi, jangan langsung menggunakan AC, namun teliti peralatan elektronik di sekitar Anda. 

2. Memasang ventilasi

Ventilasi rumah yang biasa terpasang di atas pintu, atau jendela merupakan sebuah benda yang dapat menstabilkan suhu di dalam rumah. Cek jumlah, atau ukuran ventilasi sudah cukup memadai, atau belum jika di rasa kurang Anda bisa menambah jumlahnya. 

Selain itu, halau udara yang masuk secara langsung dari pintu atau jendela dengan tidak membukanya terlalu lebar.  Selain itu, Anda juga bisa memasang tirai, atau sejenisnya yang dapat menghalau sinar matahari masuk ke dalam rumah.

3. Pemilihan warna jendela

Gunakanlah warna cerah pada jendela Anda, pemilihan warna pada jendela juga berpengaruh terhadap suhu ruangan. Warna yang cerah cenderung memantulkan cahaya matahari berbeda dengan warna gelap yang sebaliknya, justru menyimpan hawa panas dari matahari. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya