Rumah Khusus Dibangun di Perbatasan dan Pulau Terluar

Pulau Rondo, salah satu pulau terluar terletak di Aceh
Sumber :
  • Antara/ Irwansyah Putra

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun rumah khusus bagi para guru, masyarakat nelayan, pemuka agama, dan para tenaga medis, di sejumlah wilayah perbatasan, daerah tertinggal, dan pulau-pulau terluar Indonesia.

Jalan Panjang Pemerataan Internet hingga Pelosok Desa

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan, selama tiga tahun terakhir, pihaknya telah mengalokasikan 200 unit Rusus untuk masyarakat di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat.

Pada 2015, Kementerian PUPR telah membangun 50 unit Rusus yang tersebar di Kampung Tandia Kanda, Kampung Senderawoi, Kampung Miei, dan Kampung Moru Sanduai.

Marinir Mau Jaga Pulau Terluar di Papua, Asops Panglima TNI dan Pangkoarmada III Turun Gunung

Sementara pada 2016, sebanyak 100 unit Rusus juga dibangun di Distrik Wasior, dan tahun 2017 ini sebanyak 50 unit dialokasikan pembangunannya di Desa Isey Distrik Rasiei.

"Kami berharap, adanya Rusus bisa membantu masyarakat di wilayah timur Indonesia, untuk dapat memiliki rumah yang layak huni," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Kamis 2 Maret 2017.

Didampingi KSAL, Wapres Ma'ruf Amin Resmikan 68 Kampung Bahari Nusantara

Selain bantuan Rusus, tahun ini Kementerian PUPR juga akan mengalokasikan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), atau program bedah rumah, sebanyak 300 unit di Kabupaten Teluk Wondama.

"Kemudian, Kementerian PUPR juga telah mendorong kepala daerah untuk memiliki program perumahan yang baik, mengingat perumahan yang layak bagi masyarakat juga menjadi salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah," ujarnya. (one)

VIVA Militer: Prajurit TNI AL distribusikan kotak suara ke Pulau Terdepan

Sukseskan Pemilu, Kapal Perang TNI AL Bergerak Distribusikan Kotak Suara ke Pulau Terdepan Indonesia

KRI Kakap-881 dikerahkan untuk mengantarkan kotak suara dengan pengawalan ketat ke wilayah kepulauan Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024