Kementerian BUMN Bidik Dana Segar Rp21 Triliun

Kantor Kementerian BUMN.
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro

VIVA.co.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara menargetkan perolehan dana segar dari Initial Public Offering sembilan anak usaha BUMN sebesar Rp21 triliun. IPO itu dipastikan akan dilakukan pada tahun ini. 

Tebar Kehangatan di Safari Ramadan BUMN 2024, Kementerian BUMN dan Bank Mandiri Gelar Pasar Murah

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Aloysius Kiik Ro mengatakan, untuk induk usaha BUMN dipastikan tidak akan melakukan IPO lantaran tengah berfokus pada pembentukan holding. Namun, sembilan anak usaha BUMN itu tetap dipastikan melantai di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun ini.  

"Jadi totalnya (dana segarnya) ada sekitar Rp21 triliun yang terdiri dari sembilan anak usaha BUMN, tapi bisa saja nambah satu atau dua usaha. Dengan sembilan ini kita targetkan bisa mendapatkan Rp21 triliun," kata Aloy dalam briefing media, di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Jumat 3 Maret 2016. 

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Ia mengungkapkan, hingga kini perusahaan BUMN yang sudah melantai di BEI ada sebanyak 20-an perusahaan yang artinya masih sangat kecil dari seluruh jumlah emiten di bursa saham. 

"Tapi meski kecil kondisi sumbangsih kita itu di BUMN, 26 persen terhadap total kapitalisasi pasar (saham). Dan kalau  IPO itu pasti akan laku keras," tutur dia.  Lebih lanjut, Aloy mengatakan, pihaknya tidak bisa menyebutkan, anak Usaha BUMN yang induknya sudah berstatus terbuka (tbk).

Jadi Top 5 Perusahaan TIC di Asia Pasifik, IDSurvey Tetapkan Visi Top 20 Global

Namun ia menyebut anak usaha BUMN yang melantai di Bursa mulai dari, PT Tugu Pratama yang merupakan anak usaha PT Pertamina, hingga PT Jasa Armada Indonesia yang merupakan anak usaha dari PT Pelindo II. 

"Kalau dia Tbk, kita tidak akan sebut nama, itu ada sektor penerbangan, properti hingga konstruksi," ujar dia.

Pelepasan Mudik Gratis Pelindo (Doc: Natania Longdong)

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, memberangkatkan sebanyak 3.975 orang yang mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024. Adapun, ribuan warga yang mudik itu ke-1

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024