Ekonom: Pertumbuhan Ekonomi RI Maksimal 5,2 Persen di 2017

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Chief Economist PT Bank Mandiri Tbk, Anton Gunawan memperkirakan, para pelaku usaha masih meragukan laju perekonomian dalam negeri. Sentimen negatif tersebut dapat mengerem tumbuhnya ekonomi Indonesia tahun ini

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

Bahkan, menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini maksimal hanya menyentuh di level 5,2 persen saja.

"Kita lihat, untuk naik dengan tinggi agak berat, maksimun ke 5,2 persen. Tetapi, sekarang kelihatannya dari bisnis sektor masih ada keraguan di beberapa tempat," ujarnya di kantor pusat Plaza Mandiri, Senin 6 Maret 2017.

BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2022 Maksimal 5,5 Persen

Anton menjelaskan, keraguan tersebut, lantaran terdapat beberapa faktor seperti berkurangnya angka penjualan pada tahun lalu. Kejadian tersebut, membuat industri lesu.

"Ada beberapa tanda-tanda, angka sales berkurang Januari sampai November. November secara year on year meningkat, tetapi kumulatif Januari sampai November masih negatif, beberapa kegiatan ekonomi belum terlalu bagus," tuturnya.

Pertumbuhan Ekonomi 5,5 Persen pada 2022 Dapat Tercapai Jika...

Lebih parahnya lagi, Anton menambahkan, indeks kepercayaan konsumen juga yang diproyeksikan menurun dalam enam bulan ke depan. Uniknya, ini berlaku untuk masyarakat dengan pendapatan di atas rata-rata.

"Kepercayaan konsumen enam bulan ke depan turun banyak, growth turun ke nol lagi untuk segmen pendapatan tertentu, segmen yang turun justru kelompok pendapatan atas. Kelompok segmen agak bawah ada pick up  itu bisa diharapkan dorong ekspektasi ke depannya yang ditunggu pelaku bisnis," ujarnya. (asp)

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

BPS baru saja merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV-2021 sebesar 5,02 persen dan sepanjang 2021 3,69 persen.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2022